usaha angkringan

Peluang Usaha Angkringan, Analisa Bisnis, Moda dan Cara Suksesnya

Usaha Angkringan – berbisnis kuiner memang sedang mewabah sekarang ini, bahkan banyak juga yang berhasil menghasilkan pundi – pundi uang dari bisnis kuliner. Kuliner sendiri memang sudah menjadi makanan pokok untuk manusia jadi wajar saja banyak yang sukses dengan bisnis ini.

Bisni bidang kuliner sendiri ada banyak sekali macamnya, ada bakso, ada ayam dan berbagai macam bidang usaha kuliner yang lain.

Salah satunya adalah Usaha Angkringan usaha ini identik dengan nasi kucing, Kota Yogyakarta dan berbagai macam sate yang sangat familiar ketika mendengar nama angkringan.

PELUANG USAHA ANGKRINGAN

peluang usaha angkringan

Salah satu peluang usaha yang bisa menjadi ide usaha bisnis kuliner Anda adalah usaha angkringan. Mengapa usaha angkringan? Karena dari berbagai macam usaha didunia ini, usaha angkringan bisa dimulai dari modal kecil dan apabila Anda mempunyai modal yang lebih maka akan membuat usaha angkringan milik Anda menjadi sempurna.

Selain dari segi modal yang memudahkan, usaha angkringan juga bisa menjadi usaha yang menguntungkan serta menjanjikan bagi Anda. Mengapa? karena usaha angkringan mempunyai keuntungan bersih, biasanya keuntungan yang dihasilkan bisa sampai seratus persen dari modal usaha yang Anda keluarkan.

Peluang usaha angkringan merupakan peluang usaha yang bisa dikatakan tidak ada matinya. Disetiap menu yang disajikan pada usaha angkringan merupakan hidangan kebutuhan pokok (nasi) sampai dengan cemilan dan yang lebih menarik konsumen terjual dengan harga yang relatif terjangkau.

Usaha angkringan ini sudah mulai banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Maka tak jarang sekarang banyak ditemui usaha angkringan.

Nah untuk persaingan sehat antar pembisnis usaha angkringan, maka diperlukan tips-tips, modal dan menganalisa usaha secara tepat dan seimbang agar pendapatan yang Anda hasilkan bisa terlihat jelas.

TIPS USAHA ANGKRINGAN

tips usaha angkringan

Berikut beberapa tips-tips yang perlu Anda perhatikan dan Anda pikirkan dengan matang agar usaha angkringan Anda mempunyai daya saingan yang cerdas dan mendapatkan penghasilan yang maksimal, adalah:

Lokasi

Lokasi menjadi titik awal yang mempengaruhi usaha angkringan Anda untuk cepat dikenal masyarakat. Dengan memilih lokasi yang strategis dan sering dilalui banyak orang maka usaha angkringan milik Anda akan banyak menarik pelanggan.

Apabila Anda masih bingung dalam mencari lokasi yang strategis, Anda dapat memanfaatkan lokasi yang dekat dengan kawasan sekolah, perkuliahan, perkantoran, kost-kost, pinggir jalan raya, taman, alun-alun dan daerah perumahan.

Pelayanan terbaik

Dalam persaingan cerdas antar pengusaha angkringan, kewajiban pokok yang perlu Anda perhatikan adalah kepuasan pelanggan. Rasa kepuasan pelanggan dengan pelayanan terbaik yang Anda lakukan maka Anda sangat terbantu dalam proses promosi, karena promosi dari bibir ke bibir maka akan lebih meyakinkan.

Anda dapat melakukannya dengan pelayanan yang ramah dan mudah mencairkan suasana agar pengunjung merasa betah dan nyaman apabila sedang berada di angkringan milik Anda.

Baca Juga : 11 + Usaha Modal Kecil Dengan Untung Besar dan Mudah

Unik

Dengan memberikan suasana angkringan yang sedikit berbeda dari usaha angkringan lainnya, Anda dapat memberikan warna yang mencolok dan dengan memberikan nama yang unik pada usaha angkringan Anda. Dengan begitu akan memberikan kesan tersendiri bagi pelanggan Anda.

Kebersihan

Kejelian konsumen terhadap kebersihan tentunya sangat berpotensi untuk menentukan apakah mereka akan tetap menjadi pelanggan atau malah sebaliknya, meninggalkan dan berpindah.

Sebagai pengusaha dibidang kuliner, kebersihan dari segi makanan, minuman, peralatan hingga area sekitar tempat Anda jualan merupakan hal penting  harus Anda jaga betul perihal kebersihannya.

Oleh karenanya apabila Anda yakin untuk menjalankan usaha dibidang kuliner maka Anda juga harus konsisten dalam menjaga kebersihan agar pelanggan Anda betah dan merasa lebih nyaman saat menikmati hidangan angkringan milik Anda.

Kualitas makanan

Kualitas makanan tentu dengan menyajikan cita rasa yang enak dan khas, maka dengan kualitas rasa pada makanan yang Anda hidangkan maka juga akan menarik banyak konsumen yang pasti akan kembali lagi pada angkringan Anda dan sudah bisa dipastikan akan menjadi pelanggan tetap angkringan Anda.

Apabila Anda sudah mampu meningkatkan kualitas rasa maka makanan yang tersedia pada angkringan milik Anda, Anda dapat membandrol harga yang lebih diatas kompetitor karena selama hidangan yang Anda sajikan dapat memuaskan pelanggan, maka pelanggan akan berani membayar makanan yang tersedia di angkringan Anda dengan tarif yang lebih.

CARA MEMULAI USAHA ANGKRINGAN

cara memulai usaha angkringan

Memulai usaha angkringan yang paling utama adalah Anda harus miliki dalam mengelola bisnis usaha kuliner angkringan adalah dengan menyajikan berbagai varian menu, bisa mulai dari macam-macam makanan misalnya, nasi kucing dan tempe goreng dan lainnya, lalu minuman seperti, es teh, es jeruk, dan minumam sachet lainnya.

Memiliki lokasi. Lokasi untuk mendagangkan usaha angkringan milik Anda tidak perlu memerlukan lokasi yang luas, namun lokasi yang bersih sangat diutamakan dalam bisnis bidang kuliner ini.

Suasana lokasi. Dengan Anda dapat memilih view yang cocok dan dapat diminati banyak pelanggan, maka Anda tidak akan susah-susah memilih tempat yang tepat untuk Anda mulai usaha angkringan, seperti view dipinggir sawah atau view angkringan yang terletak ditengah-tengah sungai membuat suasana menjadi hangat.

Konsep angkringan. Anda dapat menambahkan meja dan kursi sebagai tempat untuk meletakkan hidangan yang dipesan para pelanggan. Namun Anda juga dapat memakai konsep lesehan yang beralaskan tikar atau karpet untuk tempat duduk. Semua konsep memiliki daya tarik tersendiri bagi para pelanggan.

MODAL USAHA ANGKRINGAN

modal usaha angkringan

Nah perihal yang menjadi inti untuk memulai suatu usaha selanjutnya adalah modal usaha. Usaha angkringan ini bisa dimulai dari Rp. 1.600.000 sampai dengan Rp. 4.000.000 saja. Mari kita lihat modal yang akan dibutuhkan untuk membuka usaha angkringan sederhana:

Modal investasi. Modal investasi ini meliputi:

Sendok                                                           : Rp.      30.000

Garpu                                                             : Rp.      10.000

Tempat sendok                                            : Rp.         5.000

Gerobak, tikar, kursi, meja, terpal            : Rp. 1.400.000

Gelas                                                              : Rp.      40.000

Teko plastik besar                                       : Rp.      20.000

Termos es                                                      : Rp.      40.000

Nampan                                                         : Rp.       18.000

Boks nasi                                                       : Rp.       20.000

Ember                                                            : Rp.       20.000

Tempat sampah                                           : Rp.       15.000                                              +

Total                                                               : Rp. 1,618.000

Selanjutnya modal operasionalnya. Modal operasionalnya terdapat bahan baku, perlengkapan bahan baku lainnya serta minuman sachet, maka setiap hari bisa diasumsikan cukup dengan Rp. 281.400 maka bila perbulannya diperoleh Rp. 8.442.000 saja.

Baca Juga : Peluang Usaha Gorengan Beserta Analisa, Modal dan Cara Suksesnya

ANALISA USAHA ANGKRINGAN

analisa usaha angkringan

Dari modal yang tertera diatas maka apabila Anda dalam waktu sehari dapat menggait 100 orang konsumen dan Anda dapat membandrol harga Rp. 1.500, maka akan memperoleh estimasi:

Estimasi makanan

Konsumen x harga makanan x hari

100 x Rp. 1.500 x 30 hari =  Rp. 4.500.000.

Estimasi minuman

100x Rp. 2.000x 30 hari = Rp. 6.000.000

Maka pendapatan perbulannya Rp. 10.500.000

Laba = Rp. 10.500.000 – Rp. 8.442.000 = Rp. 2.058.000 per bulannya.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN USAHA ANGKRINGAN

kekurangan dan kelebihan usaha angkringan

Setiap usaha tentu mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri,. Hal ini juga sangat penting untuk Anda ketahuai agar dalam menjalankan usaha apabila Anda menemukan kekurangan dalam bisnis Anda, Anda sudah terbiasa dan bisa juga Anda bisa menemukan solusi dari hal-hal tersebut.

Kelebihan usaha angkringan

Modal usaha simpel

Tidak memerlukan keahlian

Merupakan usaha yang sedang ngetrend bagi kalangan para remaja

Kekurangan usaha angkringan

Penyediaan hidangan

Pertama hal yang membuat repot adalah apabila kita tidak memproduksi banyak hidangan maka pembeli tidak akan mampir ke angkringan, namun apabila angkringan menyediakan berbagai macam hidangan dengan tersisanya barang yang tidak laku maka akan basi dan rugi.

Konsep angkringan

Semua konsep angkringan dimulai dari konsep yang menggunakan fasilitas gerobak dan tenda memerlukan tenaga yang cukup ekstra.

Tempat angkringan.

Apabila tempat angkringan yang tidak bisa dibuat sekaligus berteduh di musim hujan maka pelanggan akan berpindah ke angkringan lainnya.

Baca Juga : Peluang Usaha Jus Buah, Analisis Modal, Kelebihan dan Kekurangan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *