usaha barbershop

10 Langkah Sukses Untuk Memulai Bisnis Barbershop

Bisnis Barbershop atau Pangkas Rambut – merupakan bisnis yang tengah menjamur dan berkembang pesat. Meskipun sederhana, bisnis ini memiliki prospek bisnis yang bagus dengan keuntungan yang tidak sedikit.

Hal ini disebabkan oleh tren dan kebutuhan para pria untuk tampil rapi, terutama mengenai gaya rambut. Meskipun sebagian terkesan tidak peduli dengan penampilan, tapi banyak juga yang sangat perhatian dengan model rambut mereka. Model rambut ini menambah kepercayaan diri para pria.

Disini kami menyediakan beberapa tips dan saran bagi anda yang berminat membuka usaha barbershop dan memulai peruntungan disini. Berikut kami menyediakan beberapa panduan, estimasi keuntungan dan nominal yang anda butuhkan. Mari kita simak!

1. Memperdalam Kemampuan Potong Rambut

usaha barbershop

Kemampuan potong rambut merupakan poin terpenting dalam membangun bisnis babershop. Mungkin anda berfikir untuk merekrut orang atau bekerja sama dengan sahabat atau kerabat yang mempunyai kemampuan tersebut.

Tapi jika demikian, bisnis anda akan selalu bergantung pada mereka. Jika anda mengusasi kemampuan yang menjadi poros utama bisnis anda, maka bisnis anda akan berputar sepenuhnya pada anda sendiri.

Jika suatu saat anda merekrut karyawan yang bisa anda percaya, anda juga dapat megnerahkan mereka dengan lebih baik. Karena anda juga memiliki kemampuan yang serupa dengan mereka.

Mempelajari kemampuan potong rambut juga perlu dilengkapi dengan pengetahuan mengenai model model tambut terbaru. Anda harus selalu update dan tidak boleh ketinggalan tren. Pastikan anda selalu memantau media sosial dan internet agar anda paham model rambut apa saja yang sedang populer di kalangan pria.

Pengetahuan ini sangat penting karena biasanya orang yang kebingungan untuk memilih model rambut akan bertumpu pada model rambut yang memang sedang populer.

Ketika anda dapat memberikan model rambut yang serasi dengan pelanggan anda, nereka dapat menjadi pelanggan setia anda.

Memberikan pelayanan dan kualitas yang terbaik bagi semua pelanggan itu sangat penting. Jika pelanggan merasa puas, mereka akan menyebarkan bisnis anda kepada orang orang disekitarnya. Pemotong yang sudah berpengalaman dapat memahami kebutuhan pelanggan lebih baik dan benar.

2. Menentukan Nama Bisnis dan Logo Yang Mudah Diingat

usaha barbershop

Nama Bisnis dan Logo haruslah sesuatu yang sederhana dan mudah diingat oleh para pelanggan. Jika terlalu rumit (sulit diucapkan atau gambar terlalu mainstream), pelanggan dapat dengan mudah beralih ke Babershop yang lain.

Pada umumnya, ada banyak pemilik bisnis babershop maupun salon salon lain yang mencantumkan namanya sendiri sebagai nama bisnis. Tentunya agar lebih mudah diingat oleh pelanggan.

Anda harus memilih nama yang memiliki elemen positif. Nama bisnis yang positif dapat membuat pelanggan anda merasa kalau anda bis lebih dipercaya. Selain itu, tentunya akan memberikan efek berbeda kepada psikologi anda.

Sementara untuk desain logo, anda bisa memulai mencari referensi yang cocok. Logo merupakan identitas anda yang akan menjadi pembeda antara bisnis anda dengan bisnis yang lain yang sejenis.

Anda bisa meminta saran pada keluarga, teman, sahabat, senior, maupun kerabat yang anda percaya untuk menentukan logo yang sesuai. Perhatikan pula warna dan bentuknya. Pilih warna yang mencolok dan mudah tertangkap mata.

Usahakan setiap elemen warna pada desain logo anda memiliki makna dan karakteristik yang tepat. Jangan pernah menjiplak logo milik orang lain karena akan menimbulkan masalah bagi anda dan bisnis anda.

3. Menentukan Lokasi Babershop

usaha barbershop

Lokasi babershop sangat berkaitan dengan target pasar anda. Jika anda mengincar pria berusia pertengahan tiga puluhan atau para pekerja, anda bisa membuka bisnis babershop di area perkantoran.

Tapi jika anda mengincar target secara lebih umum (masyarakat bebas dan tidak terpaut usia atau pekerjaan), maka anda bisa menyewa lokasi di tempat umum seperti area ruko, dekat pasar, pinggir jalan, atau gang rumah penduduk biasa sekalipun.

Perkiraan biaya sewa lokasi kurang lebih Rp. 800.000 – Rp. 1.000.000 per bulan, tergantung lokasi. Tapi jika anda memiliki lokasi rumah yang cukup strategis, anda tidak perlu mengeluarkan biaya ini. Anda bisa membuka bisnis ini di rumah anda untuk mengurangi pengeluaran modal.

Hemat uang delapan ratus ribu sampai satu juta itu tidak sedikit :”).

Baca Juga : 10 Tips Memulai Usaha Warung Kopi Yang Harus Kamu Ketahui

3. Membeli Peralatan Pangkas Rambut

usaha barbershop

Modal yang harus anda siapkan untuk membeli peralatan pangkas rambut antara lain;

  1. 2 buah mesin cukur: masing masing Rp. 350.000 (total Rp.700.000)
  2. 2 buah sisir rambut: masing masing Rp. 10. 000 (total Rp. 20.000)
  3. Gunting potong rambut : Masing-masing Rp 50.000 (Total Rp 100.000)
  4. Gunting sasak : Masing-masing Rp 75.000. (Total Rp 150.000)
  5. Pisau cukur : Masing-masing Rp 15.000. (Total Rp 30.000)
  6. Silet isi ulang 20 kotak (perkotak isi 5 silet) : Rp 45.000
  7. Handuk kecil satu set : Masing-masing harganya Rp 15.000 (satu set sekitar 12 buah). (Total Rp 180.000).
  8. Kap penutup badan dua buah : Masing-masing harganya Rp 45.000. (Total Rp 90.000).
  9. Botol Semprot barbershop dua buah : Masing-masing Rp 15.000. (Total Rp 30.000).
  10. Jepit buaya kecil satu pack (isi 10) : Rp 10.000..
  11. Jepit buaya besar satu pack (isi 10) : Rp 15.000.
  12. Mangkok sabun / foam dua buah : Masing-masing Rp 5.000. (Total Rp 10.000).
  13. Sikat bulu untuk membersihkan sisa potongan rambut satu buah Rp 25.000

Total nominal besarnya tidak mutlak. Bisa saja lebih murah dari yang tercantum karena anda mendapatkan diskon atau harga istimewa dari kenalan anda.

Untuk membeli peralatan, modal yang harus anda keluarkan kira kira sebesar Rp. 1.500.000

4. Membeli Perlengkapan untuk Pangkas Rambut

usaha barbershop

Anda juga harus menyiapkan modal untuk membeli perlengkapan bisnis cukur rambut. Seperti cermin besar, kursi, rak, cermin kecil dan meja rias. Rincian modalnya kurang lebih;

  1. Kursi pangkas rambut 2 set : Masing-masing Rp1.000.000. Total Rp2.000.000
  2. Cermin besar 2 set dan meja rias: Masing-masing Rp1.500.000. Total Rp3.000.000
  3. Cermin kecil 2 buah : Masing-masing Rp25.000. Total Rp50.000

Jika anda memiliki modal lebih, anda bisa membeli AC supaya ruangan anda lebih sejuk dan nyaman. Tentunya, jika modal anda pas pasan (dan anda tinggal di daerah yang dingin), anda tidak perlu memaksakan diri untuk membeli AC. Tapi jika anda merasa itu merupakan salah satu kebutuhan, anda bisa mencicil kebutuhan tersebut.

Anda bisa membelinya begitu anda sudah memiliki penghasilan dari bisnis babershop ini. Selain untuk kebutuhan sehari hari, anda bisa menabungnya untuk membeli peralatan yang lebih modern untuk bisnis babershop anda.

5. Mempersiapkan Biaya Operasional                     

usaha barbershop          

Biaya operasional adalah biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan bisnis pokok (kegiatan bisnis sehari hari). Misalnya biaya listrik yang digunakan untuk peralatan cukur, atau biaya yang dikeluarkan untuk membeli krim cukur, dsb.

Bila anda tidak merekrut karyawan, maka tidak ada biaya untuk gaji karyawan. Anda harus mempersiapkan biaya listrik, air dan biaya tidak terduga lainnya. Rincian perkiraan biaya yang dikeluarkan kurang lebih seperti ini;

  1. Biaya air : Rp. 250.000 / bulan
  2. Biaya listrik : Rp.275.000 / bulan
  3. Biaya tak terduga : Rp.250.000/bulan

Untuk biaya tidak terduga, apabila bulan ini tidak anda gunakan, maka anda bisa menggunakannya lagi bulan depan.

Untuk perhitungan biaya operasional yang anda butuhkan, kurang lebih anda harus menyiapkan kira kira Rp. 1.300.000

6. Memberi Harga Yang Terjangkau

usaha barbershop

Harga yang terjangkau adalah metode termudah untuk menarik pelanggan dan membuat bisnis babershop anda cepat ramai. Jika anda mematok harga yang terlalu mahal, pelanggan akan pergi dari toko anda begitu melihat harganya.

Meskipun begitu, disarankan untuk tetap menggunakan harga normal dari rata rata babershop. Memastikan harga yang murah tentu diperlukan untuk menunjang kebutuhan pelanggan.

Tetap berikan pelayanan yang terbaik meski dengan harga yang terjangkau. Dalam kurun waktu dua bulan, bisnis anda akan berjalan jauh lebih baik. Metode ini sudah banyak digunakan oleh para pelaku bisnis babershop dan hasilnya sangat memuaskan

Baca Juga : Usaha cuci helm Rekomendasi Usaha Bermodal Kecil dan Berprofit

7. Menawarkan Pelayanan yang Ramah dan Berbeda

usaha barbershop

Untuk menciptakan kesan yang baik bagi pelanggan, jangan ragu untuk memberi beberapa pelayanan tambahan. Seperti mencukur kumis/janggut, creambath, pewarnaan rambut, hingga pijat.

Anda juga bisa membuat sebuah harga paket, supaya pelanggan bisa mendapat harga lebih murah dibanding dengan memilih harga pelayanan secara satuan. Pelanggan akan mendapatkan beberapa bentuk pelayanan dengan harga lebih murah.

Misalnya harga cukur rambut Rp 40.000 dan cukur kumis/janggut Rp 25.000. Nah jika dipaketkan, harganya hanya akan menjadi Rp 55.000 saja.

8. Selalu Mengikuti dan Mengetahui Perkembangan Tren Gaya Rambut

usaha barbershop

Selalu Mengikuti dan Mengetahui Perkembangan Tren Gaya Rambut, merupakan salah satu faktor pembeda antara bisnis babershop dan tukang potong rambut biasa.

Anda harus memantai perkembangan para public figure atau Artis terkenal. Misalnya sekarang yang sedang menjadi trend adalah gaya rambut dengan model seperti para artis korea. Para pelanggan mungkin akan mencari tukang pangkas rambut yang bisa mewujudkan keinginan mereka untuk memiliki rambut dengan gaya seperti itu.

Selain itu anda juga bisa memanfaatkan internet atau aplikasi seperti pinterest, tumblr, twitter, atau snapchat untuk mencari referensi terkait berbagai macam gaya rambut yang saat ini sedang trending

9. Selalu Menyediakan Fasilitas Terbaik

usaha barbershop

Fasilitas yang baik akan sangat menunjang pengalaman dari para pelanggan. Pelanggan akan sangat terbantu dengan berbagai fasilitas yang diberikan. Sementara fasilitas nya sendiri, harus lengkap dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Seperti lampu penerangan yang dibutuhkan untuk membantu baberman maupun pelanggan saat proses pemangkasan rambut sedang berlangsung.

Fasilitas sederhana seperti toilet umum yang dapat digunakan bersama juga menjadi nilai tambah bagi pelanggan. Pasalnya, ketika berkunjung ke beberapa babershop, pelanggan seringkali kewalahan dan harus menahan diri lantaran fasilitas seperti ini tidak begitu umum di sebuah babershop.

Akibatnya, pelanggan mungkin bisa saja memilih untuk tidak datang lagi ke tempat anda. Mereka akan pergi ke tempat dengan fasilitas yang lebih lengkap dan nyaman. Jadi, anda harus memastikan untuk memiliki fasilitas yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anda maupun pelanggan.

Cobalah untuk membuat ruangan babershop senyaman mungkin. Anda bisa menggunakan kursi yang empuk untuk tempat mencukur rambut beserta ruang tunggu.

Begitu bisnis anda semakin berkembang, ada bisa melengkapi bisnis babershop anda dengan berbagai fasilitas seperti AC, minuman gratis, TV, sampai WiFi.

Tapi perlu anda ingat, anda harus menyesuaikan fasilitas dengan target yang telah anda tentukan.

Jangan lupa untuk menyediakan nomor antrian pada pelanggan babershop agar pelanggan bisa merasa lebih pasti dan tidak diabaikan. Serta agar kegiatan operasional di bisnis babershop anda berjalan dengan lancar.

Baca Juga : 20+ Usaha Kerajinan Tangan Yang Bisa Dijadikan Peluang Bisnis

10. Menyiapkan Biaya Promosi / Marketing

usaha barbershop

Bisnis Babershop merupakan salah satu bisnis yang persaingannya cukup ketat. Untuk itu, anda juga memerlukan promosi yang juga akan membutuhkan biaya. Sebab sebagus apapun usaha yang anda miliki, akan percuma jika tidak ada orang yang tahu.

Promosi bisa dimulai dari orang orang terdekat anda. Keluarga, teman, rekan, kerabat, anda harus memberikan pelayanan pangkas rambut terbaik pada mereka.

Kemudian, jika mereka puas. Mereka akan mempromosikan bisnis anda pada kenalan dan lingkaran pertemanan masing masing. Pada tahap ini mereka melakukan pemasaran dari mulut ke mulut. Sampai sekarang, cara ini merupakan tehnik marketing yang paling ampuh.

Kemudian untuk promosi melalui media. Anda bisa melakukannya dengan website, sosial media dan spanduk. Pancing target pasar anda dengan diskon atau potongan harga khusus.

Informasi pada brosur harus to the point dan jelas. Jangan lupa untuk menyertakan lokasi bisnis anda, jam buka, serta nomor telepon yang dapat dihubungi.

Berikut rincian biaya opsional yang dikeluarkan untuk Marketing:

  1. Rincian cetak brosur 1 rim: Rp 350.000

Kemudian perkiraan rincian modal yang dapat Anda perhatikan:

  1. Biaya sewa lokasi = Rp 1.000.000 / bulan
  2. Biaya modal operasional = Rp 1.250.000 / bulan

Total biaya wajib yang Anda keluarkan setiap bulan adalah Rp 2.250.000 / bulan

  1. Biaya peralatan = Rp 1.405.000
  2. Biaya perlengkapan = Rp 5.050.000
  3. Biaya cetak brosur = Rp 350.000

Total biaya yang akan Anda keluarkan adalah Rp 6.805.000. Biaya ini hanya akan dikeluarkan pada saat awal saja, tidak setiap bulan.

Total pengeluaran awal adalah :

Biaya sewa lokasi + biaya modal operasional + biaya peralatan + biaya perlengkapan + biaya cetak brosur : Rp 1.000.000 + Rp 1.250.000 + 1.405.000 + Rp 5.050.000+ Rp 350.000 = Rp 9.055.000.

Promosi dapat dikatakan berhasil jika banyak yang tertarik untuk datang ke babershop anda.

11. Analisa Keuntungan Bisnis Babershop

usaha barbershop

Untuk menganalisa keuntungan bisnis babershop, pertama anda harus memastikan tarif yang anda patok untuk orang yang memangkas rambut di tempat anda. Misalnya anda mematok Rp. 15.000 per orang. Berikut rinciannya;

Jika dalam sehari anda memangkas rambut sekitar 15 orang. Anda sudah mendapat penghasilan Rp. 225.000 per harinya. Kemudian dalam sebulan, dapat dipastikan anda akan memperoleh Rp. 6. 750.000.

Apabila pengunjung bisnis babershop anda terus berkembang, maka penghasilan yang anda hasilkan selama dua bulan sudah bisa membuat bisnis anda balik modal.

Baca Juga : 7+ Tips Sukses Usaha Jual Pulsa Biar Laris Manis dan Modal Minim

Kesimpulan

Bagaimana? Apakah anda sudah mendapatkan gambaran untuk membangun bisnis babershop ini?

Hal terpenting dari membangun sebuah bisnis adalah “memulai”. Maka begitu anda selesai membaca artikel ini, bergegaslah untuk membuat rancangan bisnis babershop anda sendiri.

Keberhasilan dalam membangun sebuah usaha didapatkan melalui perjalanan dan usaha yang tak kenal lelah. Jadi semoga semua saran yang tercantum disini bisa membantu anda untuk mewujudkan bisnis yang sudah anda impikan. Mewujudkan dan berhasil mendorongnya menuju kesuksesan.

Selamat mencoba~

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *