usaha bubur ayam

Peluang Usaha Bubur Ayam Beserta Rincian Modal dan Analisa Usaha

Usaha Bubur Ayam – Makanan yang setiap pagi hari selalu dicari ?? .. hemmz kayaknya gak asing lagi deh  kalau kita sering melihat pagi-pagi seorang penjual bubur ayam terdapat banyak orang yang  bergerombol untuk membelinya.

Yap makanan ini selain cocok untuk disantap dipagi hari, bubur ayam juga banyak disukai oleh banyak orang dan dari berbagai kalangan jenjang usia. Mulai dari usia anak-anak, remaja, dewasa dan bahkan sampai lansia.

Bubur ayam bisa juga bisa sebagai pengganti sarapan yang praktis, tidak merepotkan dan lagi menyehatkan. Proses pembuatannyapun amat mudah dari berbahan dasar beras yang dimasak hingga lunak.

Menjadi makanan sehat dan juga digemari oleh banyak kalangan usia tentunya makanan bubur ayam bisa juga untuk menjadi ide peluang bisnis Anda dibidang kuliner.

PELUANG USAHA BUBUR AYAM

peluang usaha bubur ayam

Peluang bisnis usaha bubur ayam sangat potensial untuk dijadikan ide peluang usaha. Selain usaha dibidang kuliner yang tidak akan mati dimakan waktu, usaha bubur ayam juga suatu usaha yang terbilang sangat murah meriah yang bisa Anda jalankan tanpa memerlukan modal yang sangat besar.

Peluang usaha bubur ayam sangat terbuka lebar dan mempunyai prospek yang terbilang cukup bagus apabila Anda dapat mengarahkan usaha bubur ayam kepasar-pasar yang lebih spesifik lagi semisal, bubur ayam organik dan bubur ayam khusus untuk balita dan bisa lainnya.

Dalam menjalankan usaha bubur ayam Anda dapat memulainya dari membuat tempat penjualan sederhana diteras depan rumah Anda apabila tempat tinggal Anda bisa dibilang strategis untuk berjualan.

Namun jangan khawatir ada cara lain lagi apabila kondisi rumah Anda berada di dalam gang misalnya. Anda dapat menggunakan gerobak sebagai media untuk Anda berjualan nantinya.

Anda juga dapat memakai konsep mobile dengan menambahkan rombong dan memanfaatkan sepeda motor Anda untuk menjualkan bubur ayam secara keliling. Konsep ini terbilang cukup fleksibel, karena Anda dapat berpindah tempat di waktu-waktu yang sekiranya menurut Anda menjadi waktu dan tempat yang strategi untuk Anda berjualan.

Hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan dalam membuka usaha dibidang kuliner adalah kebersihan. Kebersihan merupakan pokok kenyamanan para konsumen Anda seehingga apabila lingkungan yang Anda gunakan untuk berjualan bersih, maka para konsumen Anda akan betah dan dalam kurun waktu tak lama konsumen Anda akan berganti mejadi pelanggan setia Anda. Yakin!

Dan Anda juga perlu memerhatikan cara-cara sukses berbisnis usaha bubur ayam untuk persaingan cerdas diantara para pedagang yang juga menjualkan usaha bubur ayam lainnya.

Baca Juga : 11 + Usaha Modal Kecil Dengan Untung Besar dan Mudah

CARA SUKSES USAHA BUBUR AYAM

tips sukses usaha bubur ayam

Dalam menjalankan bisnis usaha tentunya setiap orang memiliki kunci dan cara rahasia yang bisa membuatnya sukses dalam menjalankan usahanya itu. Berikut beberapa cara sukses yang kami siapkan untuk menjadi referensi Anda.

  • Modal

Setiap kali akan membuka usaha, hal utama yang harus Anda persiapkan adalah modal.

Modal menjadi suatu keseharusan yang harus dipersiapkan dan yang harus Anda punyai, karena modal digunakan untuk mencukupi kebutuhan-kebutuhan yang Anda perlukan untuk menjalankan usaha bubur ayam.

Modal dapat dialokasikan untuk membeli perlengkapan, bahan baku, sewa tempat atau gerobak, biaya promosi serta biaya lainnya.

Anda dapat membuka usaha bubur ayam sesuai dengan modal yang Anda punyai sekarang. Usahakan jangan sampai melebihi modal yang Anda punya karena jika terjadi maka usaha yang Anda kelola akan berjalan kurang lancar.

  • Perlengkapan

Perlengkapan yang diperlukan untuk berjualan bubur ayam seeprti biasa adalah tenda, gerobak/etalase, kompor dan tabung gas, panci, peralatan makan, gelas, serbet, ember, cairan pencuci piring, meja dan kursi.

Peralatan usaha sangat diperlukan oleh karenanya untuk menghemat pengeluaran modal, maka carilah perlengkapan dan peralatan usaha bubur ayam di pasar tradisional saja.

Dengan membeli perlatan dan perlengkapan di pasar, Anda dapat mencari harga yang tidak terlalu mahal dan tentunya memiliki kualitas barang yang sangat baik.

  • Produk

Rasa menjadi hal persaingan yang sangat kuat antara sesama pengusaha bubur ayam. Tips sukses dalam menjalankan usaha bubur ayam Anda harus memperhatikan karakteristik bisnis makanan.

Makanan memiliki daya juang rasa yang teradu. Oleh karenanya memiliki rasa saja tidak cukup hanya yang enak dan cocok dilidah saja. Namun Anda juga harus dapat menciptakan rasa yang unik dan mempunyai ciri khas rasa.

  • Resep

Mempersiapkan resep juga suatu hal yang harus dikuasai terlebih dahulu agar bubur ayam yang nantinya akan Anda kelola memiliki rasa yang lezat dan tentunya dapat menggoda selera konsumen. Berikut beberapa resepnya:

Bahan

Beras                                                                          : 300 gr

Kaldu ayam dari rebuasan ayam 1 ekor              : 3.000 ml

Bawang putih cincang                                             : 5 siung

Garam                                                                        : 2 sdt

Perlengkapan

Ayam suwir                                                              : 1 ekor

Cakwe                                                                        : 3 buah

Telur pitan                                                                : 1 butir

Krupuk pangsit                                                        : 12 buah

Seledri                                                                        : 1 tangkai

Daun bawang                                                           : 1 tangkai

Bawang goreng                                                        : 3 sdm

Bahan sambal

Cabe rawit                                                                 : 5 buah

Kecap asin                                                                 : 3 sdm

Cara membuat

Rebus beras didalm kaldu ayam dengan bawang putih, tunggu sampai mendidih

Tambahkan merica serta garam, aduklah sampai matang dan kental

Sajikan bubur bersama suwiran ayam, cakwe,pangsit, telut pitan, seledri, daun bawang, bawang goreng beserta sambalnya.

Baca Juga : Peluang Usaha Pecel Lele Beserta Modal, Analisa Usaha

  • Harga

Anda dapat menentukan harga penjualan setiap porsinya dengan melihat harga dipasarannya. Anda dapat mensurveinya terlebih dahulu ddengan mengunjungi gerai bubur ayam dipasar, lalu Anda dapat menentukan harga yang pantas untuk dijual dimasyarakat.

Biasanya satu porsi bubur ayam dibandrol dengan harga sekitar Rp. 7.000 sampai dengan Rp.10.000. Anda dapat menentukan harganya sendiri dengan melihat daerah sekitar Anda.

  • Lokasi

Anda dapat memulai menjualkan bubur ayam didaerah yang strategis misalnya, depan sekolah, perumahan, kampung, stasiun kereta, sekitar pasar, perkantoran, kost-kost dan pusat perbelanjaan.

  • Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran dapat Anda tentukan dengan tempat yang akan Anda gunakan untuk memulai berjualan apa Anda menggunakan tempat yang permanen atau dengan keliling.

  • Pelayanan

kepuasan pelanggan menjadi tujuan utama dari seorang yang berbisnis. Dengan cara pelayanan yang Anda perkenalkan dengan baik tentunya akan berdampak baik pula pada usaha yang Anda sedang jalankan.

Berilah pelayanan yang sebaik mungkin, jagalah kebersihan dan selalu ramahlah dan tersenyum kepada para konsumen bubur ayam Anda.

Maka jika konsumen Anda merasa nyaman mereka pasti akan kembali lagi dan akan menjadi pelanggan setia Anda nantinya.

Baca Juga : Peluang Usaha Sosis Bakar Besera Analisis Usaha dan Modal Usaha

MODAL USAHA BUBUR AYAM

modal usaha bubur ayam

Modal awal yang Anda butuhkan untuk memulai usaha bubur ayam ini bisa dimulai dari modal Rp. 8.564.302 sampai dengan modal Rp. 9.500.000 saja. Ini hanya perkiraan kasarnya saja. Modal terbagi menjadi dua jenis yaitu modal investasi dan modal yang digunakan untuk biaya operasionalnya setiap bulan.

Untuk menambah penghasilan Anda, Anda juga dapat menjualkan juga sate hati sebagai sampingan dari bubur ayam.

Mari selanjutnya kita pelajari tentang analisa usaha bubur ayam selanjutnya.

ANALISA USAHA BUBUR AYAM

analisa usaha bubur ayam

Dari modal diatas, apabila Anda menjualkan 1 porsinya Rp. 6.000, maka dalah satu bulannya dapat diperoleh estimasi :

Penjualan bubur ayam

Rp. 6.000 x 50 porsi = 300.000

Rp. 300.000 X 30 hari = 9.000.000

Penjualan sate hati

Rp. 1.500 x 50 tusuk = Rp. 75.000

Rp. 75.000 x 30 hari =  Rp. 2.250.000

Total pendapatan = Rp. 11.250.000

Pendapatan perbulannya

Laba = pendapatan – biaya operasional

Rp 11.250.000 – Rp. 6.114.302 = Rp. 5.135.698

Waktu untuk baliknya modal

Balik modal = investasi : keuntungan

Rp. 2.450.000 : Rp. 5.135.698 = 0,48 bulan – 14 hari.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *