Usaha cuci motor

Peluang Usaha Cuci Motor Menjanjikan Dengan Modal Kecil dan Tips Jitu

Usaha Cuci Motor –  merupakan salah satu peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Dari meningkatnya jumlah pengguna kendaraan bermotor yang dari tahun ke tahun selalu meningkat sehingga usaha cuci motor menjadi kesempatan besar yang berpotensi menjadi sumber ladang pengahasilan Anda kedepannya.

Melihat struktur kondisi alam yang ada di Indonesia yaitu musim penghujan yang membuat jalanan becek, berlumpur dan musim kemarau yang banyaknya debu dan kotoran berterbangan mengakibatkan kendaraan semakin cepat terlihat kotor.

Oleh karena itu membuka usaha jasa cuci motor dapat dikatakan sebagai usaha yang dapat menghasilkan penghasilan yang terbilang cukup menajubkan, mengingat orang-orang lebih memilih membayar jasa yang bagi mereka terbilang cukup murah daripada harus menghabiskan waktu dan tenaganya.

Usaha cuci motor ini termasuk usaha yang bisa dibilang cukup mudah dan simple, karena usaha ini tidak memerlukan bakat keahlian yang khusus dan juga usaha cuci motor ini dapat dimulai dari modal yang relatif sedikit.

Meskipun usaha cuci motor ini terbilang cukup mudah namun ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan agar usaha cuci motor milik Anda lebih diminati oleh para pelanggan. Berikut beberapa tips yang perlu Anda gunakan untuk memulai usaha cuci motor :

Keterampilan Mencuci Motor

usaha cuci motor

Meskipun usaha cuci motor tidak memerlukan bakat keahlian yang khusus, namun ada baiknya jika Anda belajar terlebih dahulu bagaimana cara mencuci motor dengan benar.

Apalagi saat kita membersihkan daerah motor yang sulit dijangkau, seperti dibagian sela-sela mesin motor dibutuhkan kesabaran dan ketelitian agar sebuah motor dapat benar-benar bersih.

Anda tidak perlu kursus dalam hal membersihkan motor, cukup Anda mendatangi tempat pencuci motor diarea terdekat rumah Anda lalu perhatikan.

Apabila hasilnya baik dan memuaskan pelanggan maka Anda bisa meniru cara kerja yang mereka lakukan.

Namun pengetahuan tentang mesin pun perlu Anda pelajari, agar dalam membersihkan motor tidak mengakibatkan mesin rusak dan mudah berkarat.

Dalam proses membersihkan dan mengeringkanpun Anda harus berhati-hati agar tidak terjadi hal yang tidak diingkan seperti cat motor tergores dan lecet.

Lokasi Yang Strategis

usaha cuci motor

Pemilihan lokasi yang strategis juga sangat mempengaruhi berlangsungnya usaha cuci motor Anda. Karena hal ini sangat berpengaruh untuk menunjang kelancaran dari usaha cuci motor yang Anda kelola.

Ditempat keramaian juga bisa menjadi sebuah pilihan untuk memulai usaha cuci motor Anda.

Semakin banyak orang yang melihat tempat cuci motor yang Anda kelola, maka semakain banyak pula pengunjung yang tertarik dengan jasa cuci motor yang Anda tawarkan.

Kondisi Ruang Tunggu

usaha cuci motor

Penyediaan tempat juga perlu Anda perhatikan agar Anda lebih mudah dalam menarik pelanggan baru. Usahakan tempat yang Anda gunakan untuk mencuci motor cukup luas.

Minimal 6×4 meter dan usahakan Anda juga menyiapkan ruang tunggu untuk menampung para pelanggan mengingat waktu untuk mencuci motor tidak sebentar.

Usahakan ruang tunggu letaknya tidak terlalu dekat dengan tempat mencuci motor agar pelanggan tidak terkena air cipratan cucian motor.

Tambahkan fasilitas seperti koran, majalah, wifi, kopi, teh dan permen. Hal ini menjadi nilai plus agar para pelanggan betah dan nyaman dengan fasilitas yang Anda berikan.

Baca Juga : Usaha Modal Kecil

Peralatan dan Perlengkapan Mencuci Motor Standart

peralatan cuci motor

Ketika Anda melangkah untuk membuka usaha cuci motor, maka yang Anda harus persiapkan adalah segala alat dan perlengkapan yang berhubungan dengan pencuci motor.

Hal utama yang Anda perlukan adalah memilih lokasi yang berdekatan atau tempat yang memiliki sumber air yang cukup, karena perlengkapan yang paling utama untuk mencuci motor adalah air.

Selanjutnya alat yang Anda butuhkan adalah kompresor dan mesin stream yang akan memudahkan Anda dalam melakukan pencucian motor milik pelanggan.

Disamping itu juga diperlukan busa untuk mencuci motor, shampoo motor, kain lap, kanebo, sikat, pengelap motor, silicon dan semir ban. Itu semua adalah peralat yang wajib bagi pemula membuka usaha cuci motor.

Peralatan dan Perlengkapan Mencuci Motor Dengan Salju

usaha cuci motor

Dengan peralatan yang memadai maka akan meningkatkan rasa kepuasan pada pelanggan. Anda dapat menambahkan tangki snow yang bisa memberikan efek mencuci salju.

Biasanya tangki snow digabungkan dengan kompresor dan diberikan cairan khusus untuk menghasilkan buih-buih salju.

Apabila Anda ingin lebih meningkatkan fasilitas pencuci motor yang sedang Anda kelola, Anda juga dapat menambahkan sistem hidrolik, sehingga apabila motor bisa terangkat keatas maka bagian-bagian dibawah yang sulit terjangkau bisa dibersihkan secara detail.

Menambahkan sistem hidrolik, tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit, oleh karenanya solusi untuk mensiasati pembiayaan agar bisa jauh lebih hemat maka Anda dapat membuat sendiri secara manual.

Karyawan

usaha cuci motor

Karena usaha cuci motor juga merupakan tugas yang agak berat, maka Anda memerlukan karyawan setidaknya 2 sampai 3 orang untuk membantu Anda dalam proses pencuci motor pelanggan.

Anda dapat mencari karyawan dengan kriteria pekerja keras, mempunyai semangat tinggi, ulet, teliti dan tidak mudah mengeluh.

Dan apabila Anda tidak sengaja mendapatkan karyawan yang tidak sesuai dengan kreteria diatas, maka hal yang perlu Anda lakukan terhadap karyawan Anda adalah mengingatkan atau menegurnya saat karyawan tersebut bermalas-malasan.

Selanjutnya Anda dapat mengajarkan cara penggunaan mesin pencuci motor yang Anda punyai agar tidak alat tersebut tidak mudah rusak hanya karena cara pemakaiannya yang salah.

Dalam sistem penggajian Anda dapat melakukannya disetiap akhir pekan atau akhir bulan.

Apabila usaha cuci motor yang Anda kelola sudah mempunyai banyak karyawan maka Anda bisa menerapkan sistem penggajian bagi hasil dengan rincian 70% untuk pemilik usaha cuci motor dan 30% untuk para karyawannya.

Analisis Modal Usaha Cuci Motor

usaha cuci motor

Mempelajari sistem pembukuan administrasi dasar, menjadi hal penting untuk mempercepat berkembanganya usaha cuci motor yang Anda kelola. Anda bisa memulainya dengan mempelajari sistem pengeluaran pada kas dan sistem pemasukan pada kas.

Ada beberapa analisis modal yang harus Anda keluarkan untuk menjalankan usaha cuci motor dilihat dari peralatan yang dibutuhkan.

  • Apabila Anda menggunakan peralatan standart, maka modal yang Anda butuhkan sekitar Rp. 5.000.000 – Rp. 8.000.000.
  • Apabila Anda menggunakan peralatan cuci motor 2 hidrolik mencapai Rp. 15.000.000.
  • Apabila Anda menggunakan peralatan cuci motor salju (termasuk biaya karyawan) modal yang Anda butuhkan Rp. 18.680.000

Penghasilan tambahan

usaha cuci motor

Anda dapat menggabungkan antara usaha cuci motor dengan macam-macam usaha lainnya, seperti contoh usaha cuci helm.

Terlebih apabila kita melihat keadaan saat ini orang-orang enggan atau bahkan tidak sempat untuk mencuci helmnya, alangkah lebih bermanfaat apabila Anda menawarkan jasa cuci helm pada pelanggan yang sedang menunggu kendaraan motornya dibersihkan sekaligus helm yang mereka pakai juga dibersihkan secara bersamaan.

Disisi lain jangan lewatkan kesempatan ruang tunggu untuk menjadi peluang penghasilan tambahan Anda.

Anda dapat meletakkan mesin pendingin minuman disudut ruangan yang terisi berbagai macam minuman siap seduh dan sertakan cemilan kemasan, kue ataupun gorengan untuk mempertebal penghasilan Anda.

Bagaimana dengan ulasan diatas? Pastikan Anda sudah bisa mempersiapkannya dari segi finansial, fisik maupun mental Anda. Selamat mencoba .. semoga berjalan lancar ..

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *