usaha cuci sepatu

Peluang dan Tips Sukses Usaha Cuci Sepatu Yang Menjanjikan

Usaha Cuci Sepatu – Di era yang serba instans ini, tidak heran persaingan di usaha bisnis menjadi hal yang paling banyak berkembang dan menjadi incaran setiap perseorangan yang ingin membuka usaha sendiri, terlebih di usaha bidang laundry.

Hingga sekarang banyaknya seseorang yang memulai usaha dengan mengikuti usaha-usaha lainnya yang sudah ada lalu tanpa adanya pertimbangan yang matang, sehingga minimnya pengetahuan di strategi pengelolaan mengakibatkan usaha yang ikut-ikutan ini menjadi gulung tikar dengan cepat.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, hal pertama yang harus Anda lakukan dalam memulai usaha adalah membaca kebutuhan pasar saat ini dan menganalisisnya lebih dalam lagi dengan tingkat keminimannya pesaing, hal ini dapat menjadi pilihan usaha yang tepat untuk Anda kelola nantinya.

Melihat kondisi mayoritas masyarakat Indonesia yang setiap orangnya tentu memiliki berbagai macam sepatu, tentunya ada salah satu yang menjadi sepatu kesayangan sehingga dalam perawatan sepatunya juga mengingkan kualitas terbaik.

Nah ini adalah sebuah peluang untuk ladang bisnis yang dapat menjadi ide bagi Anda untuk memulai mengelolanya, yaitu usaha cuci sepatu.

Usaha mencuci sepatu ini biasanya juga disebut laundry sepatu menjadi pilihan yang tepat karena pelanggan yang banyak menggunakan jasa ini dimulai dari anak sekolah, mahasiswa, pekerja kantoran dan profesi lainnya yang mengharuskan menggunakan sepatu, maka bisa Anda tarik kesimpulan bahwa usaha cuci sepatu ini cukup potensial.

Memiliki Wawasan Tentang Sepatu

usaha cuci sepatu

Untuk memulai usaha ini tidak hanya membutuhkan modal. Pentingnya memiliki wawasan terhadap sepatu juga sangat dibutuhkan untuk mengerti bagaimana cara maintenance terhadap barang yang dianggap istimewa.

Namun apabila Anda belum memiliki kemampuan dalam bidang ini, jangan ragu!. Carilah informasi dan Anda juga dapat mengikuti kursus shoe cleaning yang sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda.

Dan dalam memilih karyawanpun, pilihlah karyawan yang sudah dapat dipastikan mempunyai pengetahuan yang baik terhadap segala jenis sepatu dan karakternya, sehingga dalam proses penanganannya dapat memuaskan pelanggan.

Perlengkapan dan Peralatan Mencuci Sepatu

usaha cuci sepatu

Langkah selanjutnya yang perlu Anda persiapkan adalah tempat usaha. Untuk tempat usaha Anda dapat menggunakan bagian dari rumah Anda. Luas yang dibutuhkan untuk usaha mencuci sepatu ini meliputi tempat untuk mesin cuci, tempat pengering atau penjemuran, lemari atau rak sepatu dan tempat untuk perlengkapan kecil lainnya.

Selanjutnya pemilihan diterjen yang akan digunakanpun tidak sembarangan. Pemilihan diterjen ini didasari dari setiap sepatu yang akan dikerjakan, karena apabila terdapat kesalahan sedikit saja dapat menyebabkan resiko kecacatan pada sepatu tersebut.

Demikian juga dalam pemilihan mesin pengering sepatu. Pilihlah mesin pengering sepatu sesuai dengan kreteria bahan sepatu dengan cara yang benar.

Namun tidak semua sepatu dapat dibersihkan dengan mesin otomatis. Ada juga yang proses pembersihannya membutuhkan perawatan yang secara manual untuk menjaga kondisi sepatu agar tetap stabil.

Memilih Mesin Cuci

usaha cuci sepatu

Mesin yang digunakan untuk mencuci sepatu adalah shoes laundry machine yang berbeda dengan mesin untuk mencuci pakaian yang sering dipakai disetiap rumah. Adapun harga mesin mencuci sepatu ini dibandrol Rp. 2.000.000 sampai Rp. 6.000.000 bahkan bisa lebih dari itu, tergantung pada fitur yang tersedia di mesin cuci sepatu.

Lebih bagus lagi apabila Anda membeli mesim mencuci sepatu yang juga terdapat fasilitas hair dryer atau biasa disebut pengering yang dapat membantu Anda dalam proses penyelesaian pekerjaan menjadi lebih hemat waktu.

Macam – Macam Jenis dan Peralatan

usaha cuci sepatu

Usaha mencuci sepatu tentunya tidak sedikit cara yang disuguhkan mengingat perkembangan-perkembangan teknologi yang terus meningkat dan persaingan pasar yang ketat, sehingga kekreatifan Anda dalam menyuguhkan cara harus dapat menarik pelanggan.

Berikut beberapa macam cara mencuci sepatu beserta peralatan yang dibutuhkan, yakni :

  • Wet clean

Dalam proses wet clean atau bisa disebut pencucian basah, memerlukan beberapa bahan kimia seperti, anti bacterial ls, cleaner o ls. Surfaktan e ls, neutralizer s ls, solvent parfume dan water (kimia tama).

  • Dry clean

Di proses dry clean ini atau disebut pembersihan kering, memerlukan bahan-bahan kimia seperti, shoes scesner (kimia utama), neutralizer s ls, solvent perfume dan anti bacterial ls.

  • Wet and dry clean

Sedangkan untuk proses wet and dry clean ini membutuhkan peralatan berupa sikat halus, sikat kasar, kain microfiber, penghapus karet, kuas, suede sponge dan botol semprot.

Baca Juga : 11 + Usaha Modal Kecil Dengan Untung Besar dan Mudah

 

Pembersihan Noda Sepatu

usaha cuci sepatu

Noda yang dihasilkan dari berbagai sepatu tentunya sangat bervariasi, rata-rata noda  yang terdapat pada sepatu adalah noda normal, namun tak jarang sebagai pembersih sepatu Anda nantinya juga akan menemui noda yang bandel.

Maka diperlukannya bahan kimia untuk mengembalikan warna sepatu yang asli beserta pengkilapannya. Berikut beberapa langkah dan peralatan ekstra yang sangat penting untuk Anda pelajari :

  • Pertama, Chemicals Identification.

Proses ini dimulai dari Anda harus mengenali dahulu jenis dan bagian bahan sepatu yang akan dibersihkan. Anda dapat melakukan uji coba dengan menggunakan cotton bud dahalu untuk melihat cairan ini bereaksi atau tidak, kalau tidak berarti cairan ini aman digunakan terhadap sepatu tersebut dan Anda bisa menggunakan cairan ini secara bertahap.

Namun apabila terjadi reaksi maka jangan Anda teruskan karena dapat merusak warna dan bahan sepatu sehingga nantinya dapat menyebabkan sepatu tersebut menjadi rusak.

  • Kedua, Tools Identification.

Proses ini dimulai dari mengidentifikasikan jenis peralatan apa saja yang paling cocok untuk dapat digunakan sebagai pembersihan bahan sapatu tersebut. Misalnya tidak diperbolehkannya penggunaan sikat kasar terhadap permukaan sepatu yang berbulu.

Pada tahap tools identification ini Anda harus sangat memperhatikan dalam menentukan media sepatu apa saja yang cocok menggunakan peralatan seperti tergolong sikat.

  • Ketiga, mainprosess

Proses utama ini yang merupakan metode-metode yang digunakan dalam pembersihan sepatu menggunakan dry clean, wet clean dan wet and dry clean.

Penggunaan Strategi Pemasaran

usaha cuci sepatu

Pemasaran berperan sangat penting dalam ketercapaian target komersial yang sesuai dengan harapan Anda. Target ini meliputi orang-orang yang cukup up to date dengan sebuah informasi.

Anda dapat menggunakan strategi pemasaran dari perkembangan media sosial, dan juga Anda bisa menyebarkan brosur-brosur yang telah Anda buat ke wilayah yang sangat berpotensi seperti, daerah kawasan perkampusan, area kost, area kantor dan area perumahan. Anda juga dapat memanfaatkan layanan SMS berbentuk broadcast.

Baca Juga : Peluang Usaha Cuci Motor Menjanjikan Dengan Modal Kecil dan Tips Jitu

 

Pelayanan Terhadap Pelanggan

usaha cuci sepatu

Pelayanan terhadap pelanggan tentunya sangat penting dan perlu diperhatikan karena kepuasan pelanggan menjadikan nilai lebih terhadap usaha mencuci sepatu yang nantinya akan Anda kelola.

Menghadirkan nilai lebih ini dapat Anda mulai dari menawarkan beberapa kompensasi seperti, memberikan layanan seputar antar-jemput sepatu, Anda juga dapat menambahkan potongan harga bagi pelanggan yang baru menggunakan jasa Anda juga Anda bisa menggunakan model promosi 10x cuci sepatu gratis 1x cuci sepatu.

Pengelolaan Keuangan

usaha cuci sepatu

Hal yang menjadi inti dari membuka setiap usaha adalah dibagian pengelolaan keuangannya.

Dengan menjaga keseimbangan pengeluaran modal maka pemasukan yang Anda peroleh dapat terhitung secara jelas arah uangnya sehingga usaha cuci sepatu yang akan Anda kelola dapat terus bersaingan di masyarakat.

Baca Juga : 5+ Usaha Cuci Mobil Dengan Perhitungan Modal Kecil Hasil Besar

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *