peluang usaha fotocopy

Peluang Usaha Fotocopy Lengkap Dengan Cara, Modal dan Analisanya

Usaha Fotocopy – Terjadinya perkembangan teknologi mengharuskan para pengusaha dimasyarakat untuk lebih cepat beradaptasi dalam menyeimbangkan perkembangan teknologi tersebut.

Melihat kebutuhan yang primer dari kalangan anak sekolah, mahasiswa sampai dengan perkantoran untuk memperbanyak data dan dokumen dalam waktu singkat

Maka dibutuhkanlah mesin fotocopy. Lah usaha Fotocopy ini memang menjadi usaha yang menjanjikan karena pasaran tidak akan pernah sepi.

Mesin fotocopy adalah sebuah perangkat yang membantu untuk membuat salinan dari kertas ke kertas bisa dari dokumen, buku, modul ataupun dari sumber lainnya dari salinan tersebut bisa dijadikan dalam bentuk jilid juga.

Cara kerja dari mesin fotocopy pada era sekarang adalah dengan menggunakan xerografi. Proses yang digunakan dari xerografi ini adalah proses penggandaan data kering yang bekerja dengan bantuan listrik maupun dengan panas.

PELUANG USAHA FOTOCOPY

peluang usaha fotocopy

Banyaknya yang membuka jasa fotocopy menandakan bahwa jasa fotocopy sangat dibutuhkan bahkan digandrungi oleh hampir setiap umat manusia.

Maka dari itu dapat ditarik kesimpulan dengan membuka jasa fotocopy yang sangat berpotensial untuk menjadi sumber ladang penghasilan Anda nantinya.

Peluang usaha fotocopy merupakan salah satu usaha yang juga membutuhkan ketelitian untuk menemukan celah-celah kekurangannya, sehingga Anda dapat menyempurnakan celah-celah tersebut untuk bisa lebih mengunggulkan usaha fotocopy yang sedang Anda kelola.

Salah satu celah yang terdapat dalam usaha fotocopy adalah dengan kurangnya persediaan alat tulis kantor (ATK).

Anda dapat menambahkan ATK sehingga semakin lengkapnya usaha fotocopy Anda maka Anda dapat bersaing cerdas diantara para kompotitor lainnya.

Usaha jasa fotocopy meski terbilang cukup mudah namun Anda juga perlu memperhatikan step by step yang harus Anda lakukan dalam awal pembukaan usaha fotocopy agar terhindar dari terjadinya kesalahan yang tidak diinginkan.

PERLENGKAPAN USAHA FOTOCOPY

PERALATAN  usaha fotocopy

Perlengkapan merupakan bahan utama yang harus Anda miliki sebelum dibukanya usaha fotocopy Anda. Dengan melengkapi perlengkapan usaha fotocopy akan memperlancar Anda dalam proses menjualkan jasa usaha fotocopy.

Berikut beberapa perlengkapan usaha fotocopy yang harus Anda sediakan adalah:

  1. Mesin Fotocopy

Menjadi perlengkapan yang paling utama adalah perlengkapan yang wajib Anda miliki karena untuk proses penggandaan dan mencetak dokumen memerlukan mesin fotocopy.

Untuk membeli mesin fotocopy ini Anda –dapat menyesuaikan dengan modal dan kebutuhan Anda karena mesin fotocopy sangat beragam variasi dan harganya. Harga mesin fotocopy sendiri dibandrol mulai dari Rp. 12.000.000 sampai dengan puluhan juta.

  1. Mesin Laminating

Sebuah usaha fotocopy tentunya tak lepas dari menyediakan jasa laminating. Laminating adalah sebuah perangkat yang dapat melindungi atau melapisi dokumen penting agar tidak cepat rusak.

Dengan menyediakan jasa laminating Anda dapat terbantu dengan membeli mesin laminating. Mesin laminating inipun sama halnya dengan mesin fotocopy yang mempunyai beragam variasi, namun Anda dapat memperolehnya mulai dengan harga Rp. 1.000.000 saja.

  1. Komputer

Untuk lebih memaksimalkan usaha fotocopy Anda, Anda dapat melengkapinya dengan menyediakan jasa print. Dengan menyediakan jasa print, hal utama yang Anda harus punya adalah komputer atau laptop.

Komputer atau laptop ini berguna untuk mengirimkan file yang akan diprint, mengedit dokument atau menggandakan cetaknya sebuah dokument tersebut. Untuk pemilihan laptop usahakan Anda menggunakan laptop dengan spek yang baik dan bagus.

Dikatakan laptop mempunyai spek yang bagus adalah laptop yang memiliki prosesor core i3 dengan kapasitas RAM 4 GB. Anda juga dapat menginstal aplikasi desain grafis seperti halnya Photoshop dan Corel Draw.

  1. Printer

Belum dapat dikatakan lengkap jika sebuah usaha fotocopy tidak mempunyai alat pencetak atau biasa disebut dengan printer.

Printer adalah sebuah perlengakapan yang juga sangat dibutuhkan apabila konsumen Anda memerlukan cetak dokument berwarna atau untuk mencetak foto karena hal yang demikian tidak bisa dicetak dengan menggunakan mesin fotocopy saja.

Dokument yang siap dicetak dengan printer ditranser terlebih dahulu melalui komputer atau laptop, setelah dirasa pas dan siap cetak, hubungkan terlebih dahulu laptop Anda dengan printer yang tersedia lalu dokument Anda siap untuk di print.

Untuk mendapatkan mesin printer ini Anda sudah bisa mendapatkannya dari harga Rp. 1.000.000 saja. Namun apabila Anda ingin mesin printer yang lebih baik dan tahan lama Anda dapat mencarinya sesuai dengan modal yang Anda punya.

  1. Meja Kursi

Meja dan kursi merupakan furniture yang secara tidak langsung sangat mendukung usaha fotocopy Anda. Anda dapat menggunakan meja dan kursi saat mengoperasikan laptop dan printer.

Dan untuk para konsumen lainnya yang sedang mengantri Anda dapat sediakan kursi agar mereka tidak mengantri sambil dengan berdiri, karena pelayanan juga sangat diperlukan dalam mengelola setiap usaha.

  1. Etalase Kaca

Nah untuk menambah penghasilan Anda, Anda dapat meletakkan peralatan ATK didalam etalase kaca agar mudah dilihat dan dapat menarik perhatian setiap konsumen yang datang di fotocopy Anda.

Untuk harga etalase kaca sendiri Anda dapat mendapatkannya mulai dari harga Rp. 1.000.000 atau Anda dapat mensesuaikan dengan kebutuhan dan modal yang Anda miliki.

  1. Cover Jilid

Ketika konsumen memerlukan jasa print atau fotocopy tak jarang biasanya konsumen ada yang meminta mencover jilid seperti hard cover atau dengan soft cover dengan jenis-jenis tertentu, oleh karena itu sediakan juga agar konsumen bisa menjadi pelanggan tetap Anda nantinya.

  1. Alat Pemotong Kertas

Multi paper cutter atau alat pemotong kertas ini sangat dibutukan dalam usaha fotocopy. Muti paper cutter ini berfungsi sebagai pemotong kertas dalam jumlah yang banyak dan sekaligus, jadi dapat menghemat waktu.

Cara penggunaan multi paper cutter ini adalah dengan menyesuaikan dahulu kertas yang akan dipotong berapa cm.nya disana sudah ada alat ukurnya juga. Setelah dirasa pas maka tekan alatnya maka beberapa kertas tadi bisa terpotong dengan rapi.

  1. Stapler

Stepler juga menjadi sebuah peralatan kebutuhan dalam usaha fotocopy. Stapler ini digunakan untuk meringkas beberapa lembar dokument agar tidak berantakan dan lebih terlihat rapi.

Anda juga memerlukan beberapa stapler dengan beragam ukurannya. Untuk pelayanan penjilidan, langkah yang diambil terlebih dahulu adalah dengan menstapler beberapa dokument dengan mika lalu dilapisi dengan solasi hitam.

  1. Neon Box

Setiap toko usaha pasti membutuhkan papan nama atau biasanya menggunakan neon box agar bisa dilihat dengan jelas pada malam hari juga. Jangan lupa untuk mencantumkan merek mesin fotocopy yang Anda gunakan sehingga konsumen dapat melihat dengan langsung dan tertarik untuk mendatangi toko usaha fotocopy Anda.

MODAL USAHA FOTOCOPY

modal usaha fotocopy

Dengan perhitungan kasar, modal usaha yang Anda butuhkan untuk menjalankan usaha fotocopy ini paling mahal adalah Rp. 35.452.000 dengan rincian modal sebagai berikut:

Mesin Fotocopy                               Rp. 12.000.000

Mesin Laminating                            Rp.   1.000.000

Komputer                                          Rp.   5.000.000

Printer                                                Rp    7.000.000

Meja Kursi                                        Rp.      300.000

Etalase Kaca                                      Rp.   1.500.000

Alat Pemotong Kertas                     Rp.      300.000

Stapler                                                Rp.      547.000

Neon Box                                           Rp.   3.000.000

Tinta                                                   Rp.      375.000

Kertas                                                 Rp.   2.900.000

Peralatan lainnya                             Rp.   2.530.000

Modal kerja                                       Rp.   1.000.000

ANALISA USAHA FOTOCOPY

Berikut perkiraan rata-rata penghasilan yang didapatkan dalam hitungan perbulannya adalah:

Rata-rata pendapatan yang dihasilkan = Rp. 9.000.000

Sedangkan dalam pembiayaan yang dikeluarkan dalam kurun waktu sebulan adalah:

Kertas                                     Rp. 2.610.000

Tinta                                       Rp.     312.500

Listrik                                    Rp.     270.000

Tenaga kerja                         Rp.     500.000

Pengeluaran lain-lain          Rp.     500.000+

Total                                       Rp. 4.192.500

Laba bersih = pendapatan – pengeluaran

Rp. 9.000.000 – Rp. 4.192.500 = Rp. 4.807.500

CARA SUKSES USAHA FOTOCOPY

cara usaha fotocopy

Mempelajari cara sukses dalam berbisnis juga sangat perlu Anda terapkan dalam membuka usaha karena dengan menerapkan cara-cara sukses tersebut dapat membantu Anda mempercepat terkenalnya usaha fotocopy yang sedang Anda kelola.

Berikut beberapa cara-cara sukses yang harus Anda pelajari adalah:

  • Pemilihan tempat yang tepat
  • Modal usaha
  • Biaya bulanan ringan
  • Keuntungan yang sepadan
  • Kualitas fotocopy
  • Pelayanan
  • Pengembangan usaha
  • Promosi
  • Tarif harga
  • Memperluas jaringan

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN USAHA FOTOCOPY

usaha fotocopy

Setiap usaha pasti tidak lepas dari kelebihan serta kekurangan yang meliputinya. Berikut beberapa keterangan lebih lanjut perihal kelebihan dan kekurangan membuka usaha fotocopy agar nantinya Anda dapat menemukan solusi dalam mensiasati kelemahan tersebut.

Kelebihan

Mudah dioperasikan

Canggihnya mesin fotocopy sehingga dapat memudahkan Anda dalam mengoperasikannya. Anda hanya bertugas memasukkan dokument yang akan digandakan pada mesin fotocopy, sipakan kertas HVS lalu tinggal pencet tombol pada controler selesai sudah. Gampang kan!

Ruang

Untuk membuka usaha fotocopy tidak perlu menggunakan ruangan yang sangat luas seperti halnya toko sembako hehe.. Anda dapat memulai usaha dengan menggunakan kondisi ruang yang sederhana saja sudah cukup dan bisa menjalankan usaha fotocopy tersebut.

Banyak dibutuhkan

Usaha fotocopy tentunya sangat banyak sekali yang membutuhkannya. Dengan Anda menggunakan lokasi kawasan sekolah atau perkuliahan maka para siswa dan mahasiswapun sudah pasti akan membutuhkan jasa Anda yang letaknya terbilang dekat dengan kegiatan mereka.

Kekurangan

Modal awal besar

Modal yang dibutuhkan dalam menjalankan usaha fotocopy ini tentunya tidaklah sedikit mengingat usaha fotocopy ini memerlukan aset yang mempunyai harga fantastik.

Oleh karenanya Anda dapat mencari solusi dengan mencari paket fotocopy yang dapat dibayar dengan sistem kredit atau Anda juga bisa menggunakan cara sewa mesin fotocopy atau bahkan Anda bisa membeli mesin fotocopy second untuk menghemat modal awal.

Perencanaan yang matang

Menentukan lokasi sangat berpengaruh dalam lancarnya perencanaan usaha fotocopy ini. memastikan lokasi yang ramai masih belum cukup untuk membuat toko usaha Anda ramai dengan konsumen.

Setidaknya pastikan dahulu target yang ada pada lokasi tersebut misalnya pada kalangan mahasiswa.

Pastikan juga bentuk pelayanan yang Anda tawarkan sesuai dengan keadaan lingkungan sekitar agar Anda dapat memahami target pasar yang dibutuhkan tidak sia-sia.

Sepi saat musim libur

STRATEGI PEMASARAN

strategi usaha fotocopy

Memiliki usaha pastinya harus memiliki strategi pemasaran yang pas. Adapun beberapa strategi yang harus kamu lakukan adalah sebagai berikut :

  1. Cari suplier bahan yang murah agar mendapatkan harga yang dibawah standar dan mendapatkan profit yang banyak.
  2. Lengkapi produk yang ada didalamnya agar konsumen tidak perlu pergi dari tempat kita, contonya lengkapi fotocopy anda dengan jajanan atau kopi.
  3. Berikan pelayanan yang ramah, serta cepat dan hasil yang bagus.
  4. Promosi yang harus dijalankan harus kreatif agar bisa menarik pembeli atau bisa dikasih voucer agar semakin rame usaha anda.
  5. Media sosal harus selalu aktif agar bisa digunakan untuk promosi usaha anda.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *