peluang usaha gorengan

Peluang Usaha Gorengan Beserta Analisa, Modal dan Cara Suksesnya

Usaha Gorengan – Gorengan merupakan salah satu makanan yang sangat di minati khususnya di Indonesia. Biasanya gorengan ini dipakai untuk melengkapi saat makan atau teman ngopi.

Ternyata usaha gorengan juga bisa dijadikan salah satu ladang rejeki loh. Karena sudah banyak yang membuktikan dengan semakin banyaknya orang yang menyukai menu makanan ini dan tidak sedikit orang yang bisa menjadi sukses lewat usaha yang satu ini.

Usaha gorengan ini merupakan usaha yang paling menggiurkan untuk di coba.

PELUANG USAHA GORENGAN

peluang usaha gorengan

Usaha gorengan mungkin sering dianggap sebuah usaha sampingan yang sepele, namun sebenarnya dibalik itu peluang usaha gorengan ini menghemat potensial yang besar.

Usaha dibidang kuliner gorengan merupakan peluang usaha yang mana hampir semua orang, tak terbatas usia dan kalangan pasti menyukainya, selain untuk hidangan, gorengan juga bisa dijadikan lauk pauk bersama dengan nasi.

Tak jarang sering kita jumpai banyaknya orang yang berjualan gorengan dipinggir jalan. Pasti pernah diantara Anda selintas terbesit apakah gorengan yang banyak disajikan di etalase itu akan laku semua?.

Dimana ada potensi pasar yang besar maka akan ada banyak orang pelaku bisnis yang memperebutkan pasar. Jadi setiap orang yang membuka usaha dagang gorengan tentu mempunyai kiat usaha menurut dengan masing-masing personalnya untuk menarik minat konsumen terhadap barang yang dijualnya.

Usaha gorengan kebanyakan sangat cocok untuk para perempuan, namun tak jarang kadang potensi memasak gorengan juga ada yang laki-laki.

Usaha gorengan ini bisa dimulai dari usaha rumahan. Namun bila Anda lebih ingin dikenal dalam penyajiannya maka Anda juga dapat menggunakan gerobak untuk memudahkan usaha Anda lebih dikenal masyarakat luas.

Baca Juga : 11 + Usaha Modal Kecil Dengan Untung Besar dan Mudah

PERALATAN USAHA GORENGAN

peluang usaha gorengan

Dalam menjalankan usaha gorengan tentu yang menjadi hal pertama yang harus ada adalah bahan baku serta pelaratan untuk memasak. Bahan baku dan peralatan yang digunakan untuk memulai usaha gorengan cukup sederhana.

Dengan peralatan yang Anda gunakan sehari-hari, seperti wajan, serok, spatula serta kompor yang lengkap dengan selang dan tabung gasnya. Gerobak bukan menjadi prioritas utama jika Anda memulai usaha gorengan yang berorientasi rumahan.

Namun apabila Anda ingin menjalankan usaha gorengan diluar rumah Anda atau di depan gang rumah Anda, maka Anda bisa melengkapinya dengan sebuah gerobak sederhana saja sudah cukup.

Adapun bahan baku yang dibutuhkan dalam usaha gorengan bisa bermacam-macam sekali. Hal pertama adalah minyak goreng dan tepung terigu karna hampir semua gorengan menggunakan tepung terigu.

Lalu Anda bisa menyediakan bahan baku sesuai dengan daftar menu yang akan Anda hidangkan, seperti pisang, tahu, tempe, ubi, tape, singkong, sukun dan berbagai macam lainnya.

CARA MEMULAI USAHA GORENGAN

trik memulai usaha gorengan

Meski semua orang rata-rata memiliki talenta untuk memasak gorengan, namun Anda juga harus memperhatikan langkah-langkah awal untuk memulai usaha gorengan.

Karena pentingnya langkah awal ini sangat berpengaruh pada keuntungan dan persaingan cerdas antar pedangan gorengan lainnya.

Adapun cara awal memulai usaha gorengan yang perlu Anda perhatikan adalah :

  • Diawal Anda memproduksi gorengan cobalah untuk memproduksinya tidak terlalu banyak dulu, karena usaha awal yang sedang Anda jalankan ini masih belum dikenal banyak orang sehingga bisa untuk menghindari kerugian dari gorengan-gorengan yang belum terjual pada hari itu.
  • Hindari menjual gorengan dari sisa hari sebelumnya, karena apabila Anda melakukan hal ini akan menyebabkan menurunnya kualitas produk gorengan Anda sehingga bisa dipastikan Anda akan kehilangan para pelanggan Anda.
  • Promosi dan tester. Hal yang membantu memperluas jaringan Anda akan makin dikenal usaha gorengan milik Anda adalah dengan promosi. Tak perlu promosi yang mahal cukup Anda membagikan gorengan gratis kebeberapa orang lewat atau tetanggan Anda sebagai tester untuk mendapatkan umpan balik dari mereka.

Apabila dari orang yang mencicipi gorengan Anda merasakan kelezatan, maka efek posistif yang Anda ambil adalah Anda lebih percaya diri untuk menjualkan gorengan yang Anda buat serta Anda tidak perlu menyebar brosur, cukup dari mulut ke mulut maka usaha gorengan milik Anda akan cepat dikenal.

  • Anda perlu sedikit memerlukan inovasi yang unik terhadap hidangan gorengan Anda. Tetapi nilai unik ini tidak sembarangan, harus lebih baik dari segi penyajian maupun rasa apabila dibandingkan dengan kompetitor.
  • Tentu kebersihan adalah hal kedua yang pelanggan sangat perhatikan terhadap keadaan bagaimana Anda mengelola gorengan tersebut. Mulai dari cara memasak hingga dari kebersihan tempat yang Anda gunakan untuk menjual gorengan tersebut.
  • Banyak pengusaha yang terbilang cukup laris dagangannya namun kesalahan datang dari tidak bisanya mereka mengelola pendapatan yang mereka peroleh.

Selalu hitung untung usaha gorengan Anda. Anda dapat mengatur pendapatan yang Anda peroleh dengan memisahkan antara uang usaha dengan uang untuk keperluan rumah tangga.

Baca Juga : Peluang Usaha Jus Buah, Analisis Modal, Kelebihan dan Kekurangan

MODAL USAHA GORENGAN

modal usaha gorengan

Setelah Anda mengetahui perihal utama dalam mengembangkan bisnis usaha gorengan ini, maka langkah selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah modal usaha yang digunakan untuk berdagang gorengan.

Melihat dari tempat usaha yang nantinya akan Anda kelola menjadi tempat Anda memulai usaha gorengan maka ada dua perbandingan modal, antara modal usaha gorengan rumahan dengan modal usaha gorengan dengan gerobak, antara lain :

Modal usaha gorengan rumahan

Usaha gorengan rumahan ini Anda tidak perlu menggunakan gerobak, cukup etalase sederhana saja untuk penyajian macam-macam gorengan yang Anda sediakan. Selain untuk menghemat modal juga agar Anda bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya.

Untuk membuka usaha gorengan rumahan Anda cukup memerlukan modal Rp. 525.000 saja. Dengan rincian sebagai berikut :

Modal awal

Bahan baku                           : Rp. 100.000

Gas elpiji dan kompor        : Rp. 100.000

Peralatan                               : Rp. 200.000

Lainnya                                  : Rp.   25.000+

Total                                       : Rp. 425.000

Biaya operasional

Pembelian bahan baku       : Rp. 600.000

Gas elpiji                               : Rp.   15.000

Minyak goreng                     : Rp.   15.000

Lainnya                                  : Rp.   10.000+

Total                                       : Rp, 100.000

Adapun modal yang Anda butuhkan untuk memulai usaha gorengan dengan gerobak hampir sama dengan biaya diatas, namun Anda tinggal menambahkan biaya pembuatan gerobak rata-rata Rp, 300.000 untuk gerobak sederhana. Jadi modal yang Anda butuhkan sekitar  Rp. 825.000.

Dengan modal diatas Anda sudah dapat membuka usaha gorengan Anda sendiri. Namun apabila Anda merasa modal diatas terlalu mahal maka solusi yang dapat Anda ambil adalah dengan menggunakan peralatan yang sudah ada dirumah.

Baca Juga : Usaha Mie Ayam , Macam Macam dan Analisa Usaha, Modal

ANALISA USAHA GORENGAN

analisa usaha gorengan

Kenapa usaha gorengan banyak yang sudah mengelolanya? Karena salah satu alasan banyaknya usaha gorengan yang banyak dikelola adalah sebuah usaha gorengan  sangat menjanjikan.

Dengan modal diatas, mari kita lihat estimasi keuntungan yang akan Anda peroleh dalam kurun waktu sebulannya. Apabila dalam penjualannya Anda menjual perbiji gorengan dengan harga Rp. 500.00 dan dalam sehari Anda dapat menjual 300 buah, maka dapat kita ambil estimasinya:

Pendapatan perhari

300 biji x Rp. 500.00 = Rp 150.000

Keuntungan bersih perhari

Rp. 150.000 – Rp. 100.000 = Rp. 50.000

Maka dalam kurun waktu sebulan pendapatan bersih Anda adalah

Rp. 50.000 x 30 = Rp. 1.500.000

IDE UNIK USAHA GORENGAN LARIS

ide usaha gorengan

Anda dapat menambahkan inovasi varian gorengan baru yang bisa menambah daftar menu hidangan pada gorengan yang Anda sajikan. Tentunya selain menarik rasa penasarnnya pelanggan juga dapat menyajikan gorengan unik, modern dan yang terbaru. Berikut beberapa ide inovasi varian gorengan yang laris pembeli:

  • Oreo goreng
  • Steak tempe
  • Pisang coklat
  • Sosis solo
  • Tempe rasa goreng
  • Singkong goreng keju pedas
  • Es krim goreng
  • Tahu bintik
  • Nangka nanas goreng
  • Biskuit goreng

Adapun resep selengkapnya Anda bisa melihat tutorialnya di youtobe.

Sekian tadi beberapa ulasan tentang usaha gorengan. terimakasih semoga dapat menjadi ide untuk Anda nantinya dalam membuka usaha bisnis dibidang kuliner. Semoga Anda berhasil dan dimudahkan segala usaha Anda nantinya.

Baca Juga : 19+ Referensi Usaha Bakso Yang Melejit dan Terkenal

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *