usaha jus buah

Peluang Usaha Jus Buah, Analisis Modal, Kelebihan dan Kekurangan

Usaha Jus Buah – Buah merupakan makanan yang mempunyai kandungan gizi dan vitamin paling banyak.

Dengan mengonsumsi buah setiap hari maka asupan gizi dan vitamin didalam tubuh kita akan meningkat sehingga membuat tubuh kita tidak mudah lelah, capek bahkan membuat tubuh kita menjadi fresh, sehat dan semangat dalam beraktifitas.

Mengkonsumsi buah dapat kita lakukan dengan cara yang manual yaitu mengupas kulit bagian luar terlebih dahulu, namun hal itu dianggap tidak efisien terhadap waktu maka ada cara lain yang lebih praktis dan dapat menghemat waktu, yaitu dengan menyajikan buah dalam bentuk jus.

Jus buah ini menjadi minuman terfavorit dari berbagai kalangan. Selain tidak  mengandung zat yang bisa membahayakan tubuh, meminum jus buah akan menjadikan tubuh segar kembali. Jus buah juga bisa menjadi solusi bagi Ibu rumah tanggga yang susah karena si anak tidak mau makan buah.

Melihat prospek jus buah yang sangat digandrungi oleh masyarakat, maka jus buah dapat menjadi peluang bisnis usaha yang mungkin menjadi sasaran Anda dalam memulai menjalankan usaha bisnis bidang kuliner.

Untuk memulai bisnis usaha jus buah Anda dapat memulai dari modal sejumlah Rp. 500.000  namun apabila Anda ingin cara menyajian yang lebih sempurna maka modal yang Anda butuhkan bisa sampai dengan Rp. 7.500.000.

Meski bisnis usaha jus buah ini terbilang cukup mudah untuk memulainya. Namun persaingan cerdas tentu menentukan hasil akhir yang menjanjikan.

Oleh karenanya Anda harus lebih kreatif dalam penyajian .tentunya kepuasan pelanggan menjadi tujuan utama agar usah bisnis jus buah Anda mudah dikenal banyak orang.

Dalam hal ide Anda dapat membuat macam-macam jus buah lalu dikemas dalam botol atau kemasan yang lebih menarik mata lainnya. Anda dapat menjualnya sendiri atau bisa juga Anda titipkan di warung, toko-toko atau bahkan bisa di mini market.

Anda juga dapat memulai usaha bisnis jua buah ini dengan berjualan keliling atau bisa berjualan didepan rumah teras depan Anda.

Meski terdapat banyak ide namun yang sangat perlu Anda perhatikan adalah menganalisa usaha supaya kestabilan antar modal dan pendapatan bisa tertata dan memuaskan Anda.

Paket Usaha Jus Buah Dengan Modal Rp. 500.000

peluang usaha jus buah

Hal pertama yang Anda perlu perhatikan adalah tempat untuk berjualan (outlet). Anda bisa menggunakan teras depan rumah Anda bila kondisi rumah Anda letaknya strategis untuk dapat dilihat langsung oleh masyarakat, seperti dipinggir jalan raya, dekat dengan kawasan sekolah, kost-kostan, perkantoran dan alun-alun.

Untuk tempat outletnya Anda hanya membutuhkan tempat yang berukuran 2×2 saja sudah cukup. Kemudian Anda bisa menggunakan meja, kursi, termos milik Anda pribadi, lalu belilah blender yang berkisar harganya Rp. 250.000 beserta etalase.

Serta sediakan peralatan lainnya seperti gelas plastik, sedotan, gula pasir, kantong plastik dan susu kental manis berkisar Rp. 50.000.

Lalu belilah beragam macam buah-buahan berkisar Rp. 200.000 yang dapat dijadikan jus karena konsumen menyukai outlet yang menyediakan berbagai macam rasa jus.

Baca Juga : 11 + Usaha Modal Kecil Dengan Untung Besar dan Mudah

Paket Usaha Jus Buah Dengan Modal Rp. 7.500.000

modal usaha jus buah

Bisnis usaha jus buah rumahan. Anda dapat memperkerjakan seorang pegawai untuk membantu usaha bisnis jus buah yang akan Anda kelola nantinya. Dalam proses pembuatan jus buah paket ini Anda memerlukan peralatan sebagai berikut :

Juice Extractor

Cup Selaer

Freezer Es batu

Adapun proses kegunaan mesin diatas adalah:

  1. Untuk mengoperasikan mesin Juice extractor cukup Anda masukkan buah, mesin secara otomatis dengan sendirinya akan langsung memeras buah tersebut sehingga menghasilkan sari yang tertuang didalam gelas.
  2. Untuk menyimpan es batu Anda dapat gunakan Chest Freezer yang dapat menompang hingga 100 liter.
  3. Terakhir Anda dapat gunakan Cup Sealer untuk menutup gelas plastik agar rapi dan tidak tumpah.

Simulasi biaya operasional usaha jus buah dengan modal Rp. 7.500.000 adalah :

Gerobak                     : Rp. 1.000.000

Sedotan                      : Rp. 50.000

Cup                            : Rp. 250.000

Gaji karyawan          : Rp. 500.000

Buah                           : Rp. 500.000

Gula, susu, mesis     : Rp. 500.000

Es batu                       : Rp.  50.000

Listrik, Air                 : Rp. 400.000+

Total                           : Rp. 3.250.000

Anda dapat membandrol 1 gelas Rp. 8.000, Maka bila dalam 1hari terjual 30 cup akan diperoleh estimasi:

Hari x harga jual

30 x Rp. 8.000 = Rp. 7.200.000

Laba yang diperoleh:

Pendapatan – biaya operasional =

Rp. 7.200.000 – Rp. 3.250.000 = Rp. 3.950.000

Maka waktu yang dibutuhkan untuk kembalinya modal cukup 2 bulan saja.

Baca Juga : Usaha Mie Ayam , Macam Macam dan Analisa Usaha, Modal

Kelebihan Usaha Bisnis Jus Buah

kelebihan usaha jus buah

  • Sebagai alternatif asupan nutrisi untuk tubuh

Sehatnya meminum jus buah apabila tanpa menggunakan susu ataupun gula. Karena bila menggunakan susu atau gula maka buah yang terkandungan dalam jus tersebut akan minim nutrisinya.

Namun bagi masayarat umumnya yang dahulunya tak menyukai buah dan dengan solusinya menjadi jus buah maka asumsinya lebih baik minum jus buah dengan minim nutrisinya daripada tidak mengonsumsi buah sama sekali. Hal ini banyak ditemukan dari kalangan anak-anak.

  • Pas bagi semua kalangan tanpa terbatas umur

Usaha bisnis jus buah ini pas sekali dengan semua kalangan dan digandrungi oleh berbagai macam masyakarat, entah mereka tua, muda atau anak-anak. Melihat dari semakin besar segmentasi pasar (ruang lingkup) maka usaha bisnis jus buah semakin besar pula potensi terjadi banyaknya pembeli.

  • Cuaca panas

Memiliki 2 macam musim dengan musim kemarau dan hujan. Indonesia menjadi letak strategis untuk membuka usaha bisnis jus buah disaat cuaca sedang kemarau. Dengan cuacanya yang panas maka tubuh memerlukan cairan tambahan serta sekaligus dapat melepaskan dahaga.

Usaha bisnis jus buah maka dengan bersamaan faktor cuaca yang mendukung tak heran jika usaha bisnis jus buah banyak menarik konsumen untuk sekedar menunaikan dahaga mereka.

Kekurangan Usaha Bisnis Jus Buah

kekurangan usaha jus buah

  • Buah cepat busuk

Hal pertama dalam kekurangannya usaha bisnis jus buah adalah buah cepat busuk.

Bila terjadi sepinya konsumen efek ini mempengaruhi dalam proses penyimpanan buah dengan kurun waktu yang lama tentu akan membuat buah tidak segar kembali, buah akan cepat busuk.

Ada solusi dalam hal tersebut yaitu dengan membeli stok buah yang seminimal mungkin, karena pembelian dalam jumlah besar dengan minimnya konsumen maka akan mengakibatkan rugi besar.

Namun dengan meminimalkan pembelian stok buah, kejelian konsumen dalam mengamati stok buah yang tersedia, cenderung berasumsi jika buah yang distok sedikit maka konsumen akan berpikir ulang akan membeli atau tidak.

Baca Juga : 19+ Referensi Usaha Bakso Yang Melejit dan Terkenal

  • Biaya listrik yang besar

Kelemahan kedua, usaha bisnis jus buah ini tentunya menggunakan alat blender. Mungkin bisa jadi jika para konsumen yang membeli dalam jumlah sedikit maka penggunan blender hanya membutuhkan satu saja.

Namun lain halnya jika dalam penjualannya memiliki konsumen yang banyak, maka akan membutuhkan 4 sampai 5 buah blender. Dan untuk menghidupkan semua blender itu memerlukan daya dan biaya listrik yang relatif besar pada setiap bulannya.

  • Cuaca Hujan dan pasokan buah

Lain halnya jika kita dalam musim penghujan, maka usaha bisnis jus buah ini bisa lebih sepi dari biasanya. Pasalnya dengan cuaca dan hawa dingin yang menyapa maka konsumen memilih minuman untuk menghangatkan tubuhnya.

Serta dalam hal pemasokan buah bisa menjadi hambatan karena buah yang dapat diperoleh biasanya tergantung pada musim panen saja. Oleh karena itu kemungkinan konsumen akan mencari tempat lain yang menyediakan buah sesuai dengan seleranya.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *