usaha untuk ibu rumah tangga

11 Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Yang Menguntungkan dan Berprofit

Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga – Zaman yang semakin berkembang seperti sekarang ini tidak sedikit yang menjadikan media sosial sebagai alat untuk berwirausaha tak terkecuali ibu rumah tangga.

Sudah zamanya sekarang seorang ibu rumah tangga hanya berdiam diri di rumah dan tidak memiliki penghasilan tambahan.

Banyak sudah sekarang Ibu rumah tangga yang mempunyai penghasilan besar.

Apakah anda ibu rumah tangga yang sedang bingung mencari apa sih usaha yang bisa dilakukan untuk menambah pemasukan anda? Nah berikut ini adalah usaha untuk ibu rumah tangga yang bisa dilakukan tanpa keluar rumah dan pastinya tidak meninggalkan kewajiban sebagai seorang ibu dan istri berikut bisnisnya.

1. Make Up Artist

usaha untuk ibu rumah tangga

Make Up Artist merupakan pekerjaan yang cocok untuk para wanita, terutama yang suka berdandan.

Anda dapat berlatih menggunakan makeup pada diri anda sendiri dan teman teman anda sehingga anda bisa mengembangkan dan menyempurnakan tehnik dan keahlian anda.

Anda juga perlu bereksperimen dengan beberapa merek makeup untuk menentukan yang mana yang cocok dengan gaya anda, sehingga anda memiliki ciri khas yang dapat membedakan anda dengan make up artist lainnya.

Anda harus mempelajari yang mana saja yang cocok dengan jenis kulit tertentu agar tidak menyebabkan iritasi yang berujung pada complain pelanggan.

2. Reseller

usaha untuk ibu rumah tangga

Reseller merupakan bisnis dengan modal kecil dimana anda menjual kembali suatu barang. Caranya adalahh dengan membeli barang dari supplier dengan harga grosir, kemudian menjualnya kembali dengan harga konsumen.

Peluang bisnis online untuk Ibu Rumah Tangga cukup tinggi, terutama karena Ibu Rumah Tangga memiliki waktu luang dan lingkaran pertemanan yang luas.

3. Bisnis Katering

usaha untuk ibu rumah tangga

Bisnis catering merupakan pekerjaan yang tepat bagi ibu rumah tangga yang suka memasak dan senang bereksperimen di dapur dengan resep resep baru.

Perlu diketahui, bisnis katering rumahan hanya menyediakan maksimal 150 nasi box yang disajikan secara khusus untuk acara seperti arisan.

Untuk mendukung bisnis ini, Ibu Ibu perlu mencari pengalaman pada bidang yang sama untuk memahami bagaimana rantai konsumen berjalan, bagaimana pengelolaan keuangan dilakukan dan bagaimana melayani konsumen dengan baik.

Carilah supplier murah dan berkualitas agar anda tidak kesulitan mengelola keuangan. Karena anda harus mendapatkan kebutuhan bahan makanan yang harganya sama dengan pasar sehingga tidak akan membuahkan pendapatan modal yang lebih besar.

4. Butik Online

usaha untuk ibu rumah tangga

Butik online merupakan suatu usaha online yang hampir mirip dengan reseller. Hanya saja, butik online ini berkecimpung secara khusus di bidang fashion.

Seperti membuat penjualan pakaian, sepatu dan aksesoris mode.

Bisnis butik online ini umumnya dipromosikan lewat instagram, kemudian anda bisa membangun cabang plaformnya di toko toko online yang lain.

Untuk membangun bisnis butik online ini, sebaiknya anda perlu memantau selera fashion yang sedang trending.

Kunci dari bisnis ini adalah metode pemasaran yang dibuat secantik mungkin, sehingga dapat menarik banyak orang.

5. Cleaning Service (jasa bersih bersih)

usaha untuk ibu rumah tangga

Cleaning service ini selain bisa untuk membersihkan rumah pribadi, juga bisa melayani jasa pembersihan kantor, restoran, kost dan sebagainya.

Anda dapat menawakan paket kebersihan lengkap, dimana rumah konsumen dibersihkan secara total termasuk semua furniture.

Atau jasa per item, misalnya anda hanya membersihkan gudang, hanya membersihkan halaman dan seterusnya.

6. Asisten Rumah Tangga

usaha untuk ibu rumah tangga

Asisten Rumah Tangga masa kini tidak selalu fokus pada mereka yang tinggal menetap di rumah, dan menjadi ART full time.

Asisten Rumah Tangga merupakan suatu profesi yang identik dengan pekerjaan rumah seperti bersih bersih, memasak, merawat taman, atau menjaga anak anak.

Anda bisa menawarkan diri sebagai ART khusus untuk memasak, atau khusus untuk bersih bersih saja.

7. Penulis Konten Freelance

usaha untuk ibu rumah tangga

Penulis freelance adalah pekerjaan menulis profesional yang bisa dilakukan siapa saja, kapan saja, dan di mana saja. Pekerjaan ini juga tidak membutuhkan keterikatan kontrak dengan perusahaan atau klien tertentu.

Jika anda memiliki hobi menulis, maka anda bisa mendapatkan uang dari menjadi penulis konten freelance.

Pekerjaan ini cocok untuk Ibu rumah tangga karena tidak terikat waktu dan tempat. Hal hal yang dibutuhkan untuk mendukung karir sebagai penulis freelance adalah manajemen waktu dan finansial yang baik, serta teknologi untuk mendukung (seperti laptop, ponsel dan jaringan data).

Jika anda mengalami situasi yang tidak mengenakkan seperti tulisan yang ditolak, penghasilan yang tidak seberapa atau kemacetan dalam menulis (writer’s block), jangan berputus asa.

Anda hanya perlu memperbaiki tulisan, mencari angin segar dan berusaha menghasilkan karya yang lebih baik lagi.

Baca Juga : 10 Usaha Sampingan Yang Dapat Dicoba Oleh Semua Kalangan

8. Day Care (penitipan anak)

usaha untuk ibu rumah tangga

Day care merupakan lembaga penitipan anak yang dapat menggantikan peran orang tua dalam merawat dan mengasuh anak saat orang tua sedang bekerja atau tidak berada di rumah.

Day care lebih cocok dijalankan jika anda tinggal di ktoa besar, karena mayoritas para orang tua merupakan pekerja kantoran yang pada siang hari tidak memiliki waktu untuk menjaga anak anak mereka.

Terutama para Ibu di kota yang sekarang sudah ikut bekerja dan mengejar karirnya.

Hal hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan day care adalah kebersihan lingkungan day care, memiliki peraturan yang tegas, keselamatan dan keamanan anak, serta jumlah staff yang bekerja disana karena bagaimanapun juga merawat banyak anak itu tidak mudah.

Day care yang baik juga harus komunikatif. Pengasuh atau guru sebisa mungkin mengabari orang tua tentang apa yang anak lakukan, apakah dia nakal atau tidak.

9. Kursus atau Bimbingan Belajar Untuk Anak Anak Sekolah

usaha untuk ibu rumah tangga

Kursus atau les belajar merupakan sebuah profesi sampingan yang perlu dicoba oleh anda yang menyukai kegiatan belajar mengajar, dan memiliki kemampuan yang baik di bidang akademik tertentu.

Atau anda bisa bekerja sama dengan teman yang bekerja sebagai guru. Dengan ini, anda dapat menerima lebih banyak siswa tanpa kesulitan dalam hal pengajaran.

Anda juga bisa membagi manajemen Bimbel dengan rekan anda. Misalnya anda memegang keuangan dan rekan anda memegang urusan adiministrasi.

Untuk mendapatkan siswa, anda perlu mempromosikan bimbel seefektif mungkin. Anda bisa menyebar brosur, memberikan les gratis satu kali pada sekelompok siswa supaya mereka menyadari kualitas pengajaran anda.

10. Usaha Fotokopi dan Alat Tulis Kantor

usaha untuk ibu rumah tangga

Usaha Fotokopi dan Alat Tulis Kantor bisa anda mulai dengan modal kurang dari Rp 5 juta. Yaitu dengan memanfaatkan jasa penyewaan mesin fotokopi.

Bisnis ini sangat cocok untuk anda yang tinggal didekat kampus, sekolah atau wilaah perkantoran.

Dengan menyewa mesin fotokopi, anda bisa menekan pengeluaran modal menjadi sedikit dan sisanya anda bisa belanjakan untuk alat tulis.

Variasi alat tulis kantor yang dijual juga bisa diperbanyak, karena sekarang anak anak muda suka mengoleksi alat alat tulis.

11. Bisnis Tanaman

usaha untuk ibu rumah tangga

Bisnis tanaman merupakan bisnis yang cocok bagi anda yang suka bercocok tanam. Anda dapat mengembangkan hobi anda menjadi uang dengan mencoba bisnis ini.

Pastikan anda sudah mempelajari pengetahuan mengenai tanaman supaya tidak salah pilih membudidayakan tanaman yang tidak cocok dengan lingkungan anda.

Kemudian yang terpenting adalah, memperluas relasi serta bertanya pada orang yang sudah berhasil menjalankan bisnis ini. Untuk meminimalisir kesalahan yang dapat terjadi agar bisnis ini dapat berkembang lebih cepat.

Kesimpulan

Keberhasilan bukanlah suatu keajaiban. Keberhasilan adalah kerja keras, memahami, mempelajari, berkorban dan diatas semua itu ada rasa cinta akan apa yang anda kerjakan atau apa yang hendak anda pelajari.

Pilihlah bisnis yang sesuai dengan hobi dan minat anda. Jangan memaksakan diri.

Selamat mencoba~

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *