peluang usaha waralaba

Peluang Usaha Waralaba : Pengertian, Contoh dan Jenis, serta Tips

Usaha Waralaba – Usaha yang satu ini biasanya dikenal dengan nama franchise yang mana pada zaman sekarang ini bisnis franchise sedang mengalami peningkatan yang signifikan.

Lebih gampangnya usaha ini merupakan usaha seperti resseller atau dropshiper yang membedakan dengan 2 bisnis diatas adalah sudah memiliki tools atau perangkat pendukung yang sudah sedia.

Berikut ini penjelasan lengkap tentang usaha waralaba yang lengkap.

Pengertian Usaha Waralaba

pengertian usaha waralaba

Tak asing lagi mendengar istilah waralaba? Namun masih tak tahu apasih waralaba itu sendiri?? .. hmmm okey kita akan bahas apa sih waralaba dan asal muasalnya nama waralaba ini.

Waralaba dalam bahasa Inggris diambil dari kata “Franchising”, sedangkan dalam bahasa Francis disebut dengan “Franchise” yang mempunyai hubungan bisnis atau bentuk kerjasama yang menggunakan prinsip kemitraan.

Dalam artian sebuah perusahaan yang sudah berjalan dengan mapan dari segi sistem manajemen, keuangan sampai dengan segi marketingnya yang mempunyai brand atau merk dari produk perusahaan ternama dengan perusahaan bahkan individu yang memakai merk produk tersebut.

1. Hubungan antara Franchisor dengan Franchisee

Dalam usaha waralaba terdapat Franchisor dan Franchisee yang sama-sama berkontribusi dalam suatu usaha yang telah direncanakan tesebut.

Pengertian Franchisor sendiri adalah seuatu usaha maupun seorang yang memiliki sebuah konsep, merk atau bahkan sebuah produk yang franchisor menguasai, memberikan bahkan mengembangkannya dengan sebuah kontrak perjanjian. Oleh karenanya Franchisor juga dapat disebut sebagai produsen atau pemilik sebuah merk.

Adapun perbedaannya dengan franchisee adalah suatu usaha atau seorang yang mendapat hak untuk memproduksi konsep-konsep yang telah diberikan oleh Franchisor yang terikat dengan kontrak dan yang telah disepakati sebelumnya.

Seorang Franchisee harus mempunyai komitmen untuk menghargai setiap konsep-konsep, peraturan dan spesifikasi dari Franchisor. Franchisee juga dapat disebut dengan produsen (Independen Franchisor).

2. Peran dalam usaha

Peran Franchisor atau pemilik merk umumnya memberikan suatu arahan dan bimbingan dalam melaksanakan teknis usaha sampai dengan teknis marketing produk kepada pihak Franchisee sampai batas waktu yang telah ditentukan.

Sedangkan peran pihak Franchisee adalah diberikannya hak untuk menjalankan usaha yang lengkap dengan atribut produsen seperti halnya nama merk, prosedur dan sistem-sistem lainnya yang telah tersepakati sebelumnya dengan membayar sejumlah dana sesuai dalam kesepakatan antara kedua pihak.

Peluang Usaha Waralaba

peluang usaha waralaba

Peluang usaha waralaba merupakan bisnis usaha yang mempunyai prospek sangat cerah. Dengan berbisnis waralaba Anda dapat memanfaatkan atau menggunakan kekayaan intelektual atau ciri khas suatu usaha.

Nah untuk dapat menjalankan usaha waralaba ini besar kecil modal yang dibutuhkan tentunya tidak berpengaruh seberapa banyak uang yang perlu Anda keluarkan.

Tapi jangan khawatir modal berbisnis usaha waralaba ini sangat beragam, bisa dimulai dari Rp. 5.000.000 sampai dengan Rp. 1.000.000.000 murah dan mahalnya bisnis usaha waralaba ini relatif tergantung dari potensi bisnis yang dimilikinya memiliki waktu yang lebih lama.

Usaha waralaba mempunyai potensi bisnis yang sangat menggiurkan untuk jangka waktu lama, namun Anda harus pandai-pandai dalam memilih usaha waralaba yang akan Anda kelola nantinya karena tidak semua jenis usaha waralaba cocok bagi semua orang.

Berikut beberapa tips usaha waralaba yang perlu Anda ketahui sebagai sumber pengetahuan Anda untuk lebih mendalami perihal bisnis usaha waralaba.

Baca Juga : 18+ Usaha Yang Menjanjikan Dengan Modal Kecil [ Terbaru ]

Tips usaha waralaba

tips usaha waralaba

  • Pilihlah usaha waralaba yang sekiranya Anda bisa menjalankannya dengan mudah.
  • Pilihlah waralaba yang kemungkinan mempunyai banyak konsumen
  • Pilihlah usaha waralaba yang mempunyai harga produk terjangkau
  • Pilihlah usaha waralaba yang mempunyai cara pelayanan terbaik kepada para konsumen

Jenis dan Contoh Usaha Waralaba

jenis usaha waralaba

1. Usaha waralaba berdasarkan produk

  • Waralaba jasa

Jenis waralaba jasa ini menawarkan produk yang berupa sebuah layanan seperti dalam pendidikan, jasa agen umroh, studio foto dan lainnya.

Contoh usaha waralaba jasa adalah bimbingan belajar kumon, agen umroh dan haji Al Hikam dan sofha dan marwah travel

  • Waralaba produk

Jenis waralaba produk ini menawarkan produk berupa barang seperti makanan dan minuman.

Contoh usaha waralaba produk adalah Mc. Donald, Kebab Turkey dan Burger King.

  • Waralaba gabungan

Dalam usaha waralaba gabungan ini menawarkan sebuah produk yang berupa barang dan jasa sekaligus. Dengan kata lain antara produk dengan jasa diperpadukan sehingga menjadi usaha waralaba gabungan.

Contoh dari usaha waralaba gabungan ini adalah sebuah toko perlengkapan bayi yang menyediakan jasa pembungkusan kado sekaligus.

2. Usaha waralaba berdasarkan asalnya

  • Waralaba luar negeri

Usaha waralaba luar negeri ini kebanyakan lebih disukai oleh masyarakat luas dikarenakan usaha waralaba luar negeri ini menjadi sebuah alasan nilai gengsi sosialita dan sistem yang berlaku lebih jelas serta merk perusahan luar negeri sudah dikenal oleh seluruh penjuru didunia.

  • Waralaba dalam negeri

Usaha waralaba dalam negeri juga mempunyai daya tarik tersendiri, yaitu menjadi sebuah pilihan investasi dengan orang yang berkeinginan menjadi pengusaha tetapi kurang mempunyai pengetahuan yang memadai.

Contoh usaha waralaba dalam negeri sendiri yang sedang mendunia adalah restoran yang menggunakan sistem cepat saji.

3. Usaha waralaba berdasarkan IFA

Usaha waralaba IFA ( International Franchise Association ) menjadi suatu usaha bisnis yang mendunia. Di Amerika Serikat terdapat memakai empat jenis usaha waralaba yang tidak asing lagi digunakan. Antara lain:

  • Product Franchise

Jenis usaha waralaba ini Franchisor mempunyai hak untuk mengontrol secara menyeluruh dengan distributor produknya. Dari kontrak yang telah disepakati franchesor memperbolehkan Franchise untuk memakai merk beserta hak ciptanya.

Sedangkan Franchise mempunyai kewajiban dengan membayar sejumlah uang agar dapat membeli sejumlah produk yang dijadikan kualifikasi waralaba.

Contoh dalam product Franchise ini adalah apabila sebuah toko komputer dan pemilik toko tersebut mampu menjual printer yang memiliki merk canon maka dari hasil penjualan tersebut produsen juga akan memperoleh keuntungan bahkan bisa jadi keuntungan yang diraup seorang produsen lebih besar bila dibandingkan dengan penjualnya.

  • Manufacturing Franchise

Jenis waralaba ini memproduksi produk yang akan diberikannya hak untuk menjualnya pada masyarakat dengan syarat menggunakan merk dagangnya. Untuk waralaba ini biasanya digunakan dalam industri makanan dan minuman

Contohnya adalah apabila Anda ingin membuka pabrik Coca Cola misalnya. Anda hanya memerlukan hak dari perusahaan Coke untuk bisa dapat menggunakan nama beserta hak ciptanya.

  • Business Opportunity Ventures

Dalam jenis usaha waralaba ini mempunyai peraturan yang mewajibkan kepada pemilik bisnis (Franchise) agar membeli dan mendistribusikan setiap produk dari suatu perusahaan tertentu. Dan perusahaan tersebut juga harus menyediakan pelanggan beserta rekening bagi pemilik bisnis. Pada praktiknya pemilik diharuskan membanyar biaya sebagai bukti timbal baliknya.

Contonya seperti pengusaha mesin penjualan otomatis atau biasa disebut dengan distributoship.

  • Business Format Franchising

Usaha waralaba ini memberlakukan intergrasi bisnis yang sangat menyeluruh. Untuk mendistribusikan produk beserta jasa franchisor dilakukan oleh franchise sekaligus dengan penerapan format dan prosedur yang berlaku.

Berikut syarat dan ketentuan perjanjian mengikat secara hukum:

  • Nama franchisor
  • Produk beserta jasa
  • Prosedur
  • SOP dan Panduannya
  • Sistem pemasaran
  • Fasilitas lainnya

Jenis waralaba ini selalu menjadi rekomendasi dalam sebuah penawaran-penawaran usaha waralaba.

Contohnya perusahaan yang menggunakan sistem Business Format Franchising adalah Mc. Donald’s, KFC dan Dunkin’ Donuts.

Baca Juga : Peluang Usaha Fotocopy Lengkap Dengan Cara, Modal dan Analisanya

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN USAHA WARALABA

kelebihan dan kekurangan usaha waralaba

Kelebihan usaha waralaba

  • Sistem manajemen bisnis sudah teruji dan bisa langsung untuk diimplementasikan saja
  • Reputasi brand atau merk sudah dikenal masyarakat
  • Sistem kemitraan waralaba sudah ditetapkan dan mudah dalam mengaplikasikannya
  • Kerjasama yang telah terjalin
  • Terdapat dukungan dan keamanan yang lebih terpercaya
  • Keuntungan bisnis lebih berpontensial.

Kekurangan usaha waralaba

  • Keterikatannya mitra waralaba dengan pemasok
  • Terjadi pengaruh pada reputasi waralaba yang lain
  • Terdapat sistem pemotongan keuntungan bagi usaha waralaba yang memberlakukan sistem ini.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *