usaha warung kopi

10 Tips Memulai Usaha Warung Kopi Yang Harus Kamu Ketahui

Usaha Warung Kopi – merupakan usaha sederhana yang sedang digrandrungi oleh kalangan muda indonesia. Namun jangan salah, orang yang menyukai keberadaan warung kopi ini bukan Cuma generasi milenial loh.

Orang orang dari berbagai usia, berbagai profesi, suka berkunjung ke warung kopi. Entah untuk sekedar mencari teman mengobrol dan menghabiskan malam, atau bagi mahasiswa, untuk mencari suasana yang tidak membosankan untuk mengerjakan tugas.

Usaha warung kopi ini mungkin sudah menjamur dimana mana, tapi peluang usahanya akn terus terbuka untuk siapapun selama penikmat kopi masih ada.

Untuk itu, kami menyediakan beberapa tips ampuh bagi anda yang tertarik untuk memulai usaha warung kopi.

1. Menyiapkan Konsep Bisnis

usaha warung kopi

Yang dimaksud menyiapkan konsep bisnis yaitu, mengumpulkan pertanyaan pertanyaan terkait bisnis yang akan anda bangun ─yang harus anda jawab.

Misalnya, tujuan anda membangun warung kopi, siapa saja kompetitornya, keunikan macam apa yang ingin anda tonjolkan, siapa target pasar anda, perkiraan modal dan keuntungan, bagaimana menjalankan usaha anda, promosinya seperti apa, serta goals yang nantinya akan anda raih.

Konsep itu sendiri ada bermacam macam. Anda bisa memilih konsep klasik yang elegan, konsep dengan tema suatu film, konsep tradisional, dan masih banyak lagi.

Akan lebih baik jika anda menciptakan konsep yang anti-mainstream dengan ide anda sendiri karena pelanggan masa kini menginginkan sesuatu yang ‘berbeda’.

Apapun konsep yang anda pilih, anda tetap harus mengedepankan kenyamanan. Apalagi, kebanyakan orang menikmati kopi untuk mencari suasana santai disaat yang bersamaan.

2. Menentukan Target Pasar

usaha warung kopi

Konsep di poin pertama juga harus menjawab pertanyaan: siapa target pasar anda. Begitu anda sudah menemukan target pasar, anda bisa menentukan konsep ruang usaha anda. Sehingga anda bisa menghitung anggaran yang sekiranya anda butuhkan.

Misalnya, jika anda ingin membangun warung kopi yang cocok menjadi tempat tongkrongan milenial, anda harus membuat minuman yang menarik dan aneka pastry atay kue.

Sementara dekorasi atau suasana ruangannya, dibuat seberwarna dan seceria mungkin (cheerful dan colorful).

Temanya bisa anda tentukan sesuka hati anda. Tapi perlu diingat, anda harus mempertimbangkan target pasar dan trend yang sedang ada di masyarakat agar warung kopi anda tidak terkesan membosankan.

3. Mencari Supplier

usaha warung kopi

Mencari supplier juga harus disesuaikan dengan target konsumen yang telah anda tentukan. Jika anda menentukan kalau target anda adalah kelas menengah kebawah, maka anda dapat dengan mudah mencari supplier di pasaran.

Tapi jika target anda adalah konsumen kelas atas yang lebih mementingkan cita rasa dan estetika dibanding harga, and aharus mencari supplier kopi dengan kualitas terbaik.

Tidak cukup dengan kopi bubuk instan yang dijual di warung eceran didekat rumah anda.

Untuk menyajikan kopi yang berkualitas, anda harus mencari supplier yang terpercaya dan memang memiliki kualitas biji kopi yang baik.

Ada baiknya anda mencoba mengunjungi beberapa supplier sebelum memilah dan membandingnkan mana yang sesuai dengan keinginan anda. Memiliki kualitas biji kopi yang bagus, konsisten, dengan lokasi yang mudah dijangkau.

Baca Juga : 10 Usaha Sampingan Yang Dapat Dicoba Oleh Semua Kalangan

4. Mencari Lokasi Yang Strategis

usaha warung kopi

Lokasi yang strategis merupakan salah satu poin krusial yang menentukan kesuksesan bisnis anda. Jadi disarankan untuk menaruh perhatian dan modal yang cukup banyak untuk fokus pada hal ini.

Carilah tempat yang ramai. Sering dilewati kendaraan bermobil, berada di dekat komplek perumahan, kampus, pusat perbelanjaan, atau daerah perkantoran.

Sesuikan dengan target konsumen yang sudah anda tentukan. Apakah sudahh sesuai dengan pasar yang anda pilih atau tidak.

Anda juga harus memperhatikan unsur kebersihan dan keamanan daerah tersebut. Pastikan anda memilih lokasi yang relatif tinggi sehingga ketika hujan besar, anda masih bisa beroperasi dengan normal.

Yang terpenting dari semua itu adalah, mempertimbangkan segala sesuatu demi kenyamanan pelanggan anda nanti.

5. Perhatikan Dekorasi Warung Kopi Anda

usaha warung kopi

Dekorasi merupakan salah satu poin terpenting bagi warung kopi masa kini, terutama warung kopi yang bersaing dengan pasar generasi milenial atau di perkotaan.

Dengan dekorasi, anda dapat menarik mata pelanggan yang lewat didepan warung kopi anda, bahkan bisa membuatnya terkenal di media sosial.

Dekorasi sangat penting karena bisa meningkatkan popularitas warung kopi anda dan tidak membuatnya menjadi terlihat membosankan.

Untuk mencari ide dan inspirasi, anda bisa  melihat lihat dekorasi seperti apa yang sedang populer di media sosial. Atau mencari idenya di internet melalui platform seperti pinterest atau tumblr, bahkan google.

Jaman sekarang, warung kopi yang terkenal tidak selamanya karena cita rasa mereka yang unik, tapi juga dekorasi eksterior dan interior mereka yang berbeda dari yang lain.

6. Pilih Barista yang Tepat

usaha warung kopi

Barista adalah orang yang bertugas untuk meracik kopi. Dan untuk menentukan Barista yang cocok untuk melanggengkan dan menunjang keberhasilan usaha warung kopi anda, anda harus menjawab pertanyaan ini;

Apakah anda mengutamakan kemampuan bersosialisasi tinggi terhadap pelanggan atau kemampuan meracik biji kopi? Akan lebih baik kalau keduanya.

Namun, anda belum tentu bisa mendapatkan keduanya sehingga anda perlu menentukan mana yang menurut anda lebih penting.

Baca Juga : 11 Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Yang Menguntungkan dan Berprofit

 

7. Memanfaatkan Media Sosial

usaha warung kopi

Media sosial merupakan platform paling efektif untuk mempromosikan usaha anda. Anda bisa membuat akun media sosial yang didedikasikah khusus untuk usaha warung kopi anda dan usahakan anda memposting revew atau pendapat pelanggan mengenai usaha warung kopi anda.

Karena media sosial sangat digandrungi, anda juga bisa memanfaatkan media sosial orang orang terkenal seperti influencer atau youtuber untuk mempromosikan produk produk unggukan anda.

Anda bisa mempekerjakan seorang karyawan sebagai social media officer. Disarakan orang ini harus seseorang yang memahami media sosial (dan bisa menggunakannya dengan baik) serta memiliki bakat di fotografi.

Tapi karena sekarang kualitas kamera ponsel pintar masa kini sudah sangat bagus, anda tidak perlu terlalu memikirkan poin yang terakhir.

Jangan lupa untuk mendaftarkan usaha warung kopi anda ke situs situs review makanan dan google supaya anda lebih mudah dijangkau oleh pelanggan melalui dunia maya.

Semakin banyak ulasan di media sosial dan internet, maka semakin banyak pelanggan yang merasa kalau usaha anda tidak boleh dilewatkan.

8. Pelajari Pengetahuan Tentang Pembukuan dan Keuangan (pengelolaan keluar masuknya uang)

usaha warung kopi

Anda harus mempelajari pengetahuan tentang pembukuan (akutansi) begitu anda memutuskan untuk memulai bisnis. Jika memiliki budget lebih, mungkin anda bisa alokasikan dengan mempekerjakan seorang akuntan.

Namun jika tidak ada, anda bisa melakukannya sendiri. Modal yang anda butuhkan adalah ketekunan dan ketelitian.

Selebihnya anda bisa pelajari secara online, dari kelas kelas bisnis, rekan rekan anda atau bahkan senior yang sudah lebih berhasil dalam menjalankan bisnis ini.

9. Mengikuti Tren

usaha warung kopi

Agar usaha warung kopi anda tidak terkesan ketinggalan jaman, anda harus mengikuti tren yang ada di masyarakat. Dengan mengikuti tren, anda bisa mengetahui tentang selera konsumen, era, gaya dan apa saja yang perlu diperbarui di usaha warung kopi anda.

Bisa dengan merubah dekorasi ruangan sedikit atau membuat menu baru yang sepertinya sedang diminati oleh konsumen. Dengan mengikuti tren, anda juga bisa menciptakan sisi unik yang hanya dimiliki oleh usaha warung kopi anda.

Banyaknya usaha warung kopi yang menjamur meningkatkan daya saing bisnis ini juga. Sehingga warung kopi yang kekinian yang memiliki ciri khas sendiri, dapat menjadi lebih mudah dikenali dan lebih diingat oleh pelanggan.

10. Sabar dan Tidak Menyerah

usaha warung kopi

Memulai kedai kopi di bulan bulan awal mungkin akan terasa sulit karena meski kedai kopi telah dibuka, ekspetasi akan pengunjung yang datang tidak sesuai dengan biaya operasional yang dikeluarkan.

Karenanya anda harus bersabar. Tidak hanya dibulan bulan awal, tapi juga seterusnya. Anda harus memanfaatkan bulan bulan awal untuk menganalisa bagaimana membentuk pasar usaha warung kopi anda.

Apakah selain menggunakan media sosial anda juga harus mencoba metode pemasaran konvensional yang lain, dsb.

Jika ada pengunjung yang datang, mintalah pendapat mereka mengenai usaha warung kopi anda dan jadikan tolak ukur untuk menilai dan memilah bagian mana saja dari usaha anda yang masih kurang.

Bacaa Juga : 10+ Usaha Untuk Mahasiswa Yang Menjanjikan dan Berpotensi

Kesimpulan

Tidak ada rahasia untuk sukses dalam mengelola suatu bisnis. Kesuksesan adalah hasil dari persiapan yang matang, kerja keras dan belajar dari kegagalan.

Karenanya, meski usaha warung kopi menantang anda untuk bersaing dengan ketat, anda tidak boleh cepat menyerah.

Ketika anda mencoba membuat suatu racikan kopi yang baru, meski hasil awalnya belum bagus, anda tidak boleh menyerah dan harus terus mencoba. Begitupun dengan promosi warung kopi yang harus dilakukan sekreatif mungkin.

Selamat mencoba~

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *